Zaskia Adya Mecca Pernah Alami Kejadian Serupa Anak Ridwan Kamil

Zaskia Adya Mecca.
Sumber :
  • Instagram @zaskiadyamecca

VIVA – Perhatian publik saat ini tengah terfokus pada berita terkait Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss. Tim SAR memperluas pencarian ke beberapa lokasi berbeda. 

Banyak Orang Tunda Nikah karena Gak Punya Biaya, Zaskia Adya Mecca: Rp7,5 Juta Itu Cukup

Mendengar kabar tersebut, Zaskia Adya Mecca ikut merasa prihatin. Dia pun teringat pengalaman serupa tahun lalu. Melalui unggahan di Instagramnya, Zaskia mengungkapkan cerita itu.

Kejadian itu dialami Zaskia pada tanggal 2 Juni 2021 lalu. Saat itu, Zaskia dan keempat temannya sedang trekking ke salah satu curug yang ada di daerah Sentul, Bogor. Ia juga mengunggah foto bersama teman-temannya saat berada di curug tersebut. Namun kejadian tidak diinginkan terjadi, saat hendak pulang, Zaskia bersama keempat temannya terseret arus sungai yang mendadak besar.

5 Negara dengan Penjualan Tiket Bioskop Termahal, Ko Bisa?

Awalnya, Zaskia berpikir akan merahasiakan kejadian itu. Namun, setelah melihat kejadian yang menimpa putra Ridwan Kamil, Zaskia akhirnya berubah pikiran dan memutuskan untuk bercerita agar memberi pemahaman tentang bahaya bermain di sungai.

"Melihat berita pagi ini, membuka luka ku yang hampir 1 tahun terlewati.. 2 juni 2021, ber5 tracking ke satu curug daerah sentul lalu di jalan pulang kami hampir hanyut terbawa arus foto di slide berat bgt ku lihat semenjak kejadian," tulis Zaskia dikutip VIVA, Jumat, 27 Mei 2022.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

"Cerita yang sulit ku buka, bahkan sempat berfikir akan kami simpan sendiri dan lupakan perlahan.. tapi lihat kejadian ini, aku hrs membuka untuk meningkatkan kesadaran sama2 akan bahayanya arus sungai."

Zaskia Adya Mecca

Photo :
  • instagram.com/zaskiadyamecca/

Saat arus sungai tiba-tiba menjadi deras, Zaskia bersama dua temannya berhasil ke pinggir. Namun dua orang lagi terjebak. Setelah berjuang, akhirnya teman Zaskia yang terjebak bisa selamat dengan bantuan seadanya dari warga setempat.

"Sore itu kami setelah main sebentar di curug, menuju ke mobil dan mau menyebrangi sungai dengan air semata kaki.. mendadak air datang dengan arus deras.. 3 dari kami berhasil kepinggir walau udah kebalik2, sayangnya dua terjebak satu ditengah,satunya lagi udah kebawa arus alhamdulillah ketangkep tangan&berhasil ketahan di batu besar," tulis Zaskia.

"Banyak orang lewat tapi ga ada yang berani bantu satupun.. krn ga da alat proper dan arus deras, air makin lama makin tinggi, sungai makin meluap, satu yang ditengah udah ampir nyerah lepasin pegangan krn dia hanya berpegang ke satu batu ditengah sungai, air udah sedada," lanjutnya.

Istri Hanung Bramantyo itu pun sempat berpikir buruk teman-temannya tidak bisa terselamatkan. Beruntung, masih ada warga lokal yang bersedia menolong.

“Dikepala ku “kami akan pulang ga lengkap!” akhirnya Warga lokal sampai 6orang setelah 30menit kejadian krn posisi mereka jauh dari lokasi, dengan tambang seadanya.. setelah 45menit yang ditengah berhasil ditolong walau si bapak penolong juga hampir pingsan mengikatkan badannya dengan tali tambang plastik tipis menerjang arus sungai.. bukan, bukan tim sar???? tanpa keahlian juga, si bapak mempertaruhkan dirinya untuk menolong kami.  Yang terjebak dibatu kami kumpulkan banyak bambu untuk bikin jembatan..,” cerita Zaskia.

Dia pun bersyukur kedua temannya berhasil diselamatkan dengan bantuan warga. Usai kejadian mengerikan itu, Zaskia mengaku trauma.

"Trauma, shock, ke psikolog dan banyak yang kami lakukan untuk healing saat itu.. Saat ini belum pulih dan tidak akan pernah pulih 100%, tapi satu yang akan aku jadikan pelajaran.. buat mengingatkan semua akan BAHAYA arus sungai yang sangat tidak terduga.. Hati2 bermain dengan sungai,kami sudah waspada pun bisa terancam," tulisnya.

Karena pernah mengalami hal sama, Zaskia pun berdoa agar putra Ridwan Kamil bisa segera ditemukan. 

"Bismillah semoga Eril ditemukan selamat.. kang @ridwankamil , teteh @ataliapr & keluarga dikuatkan hatinya.. ini saat sulit dan ga mudah untuk mereka jangan lupa diselipkan doa untuk kang emil sekeluarga sekarang yah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya