Tinggal di Australia, Ini Cara Iqbaal Ramadhan Peduli akan Lingkungan

Iqbaal Ramadhan
Sumber :
  • IG @mencuriradensalehfilm

VIVA – Aktor ternama Tanah Air, Iqbaal Ramadhan saat ini tengah menempuh pendidikan di Australia. Ya, untuk sementara, Iqbaal harus meninggalkan kesibukannya sebagai seorang aktor demi prestasi di dunia pendidikan.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Meski tinggal jauh dari keluarga, namun Iqbaal tetap fokus memperhatikan tindakannya agar tetap memberi efek baik kepada lingkungan. Iqbaal menjadi salah satu public figure Tanah Air yang memiliki kepedulian kepada pemeliharaan lingkungan demi masa depan.

Pada saat konferensi pers virtual acara peluncuran gerakan Be Seen Be Heard dari The Body Shop, Iqbaal menjelaskan bahwa selama berada di Australia, dirinya selalu membawa tote bag ke mana pun pergi, dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan plastik yang nantinya akan menambah jumlah sampah.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

“Hal-hal kecil sebenarnya yang aku lakuin, tadi bawa tumbler, bawa tote bag. Aku punya dua totebag di sini, ada tote bag yang selalu aku bawa gak pernah aku keluarin dari tas, yang bisa dilipat, kecil gitu. Terus ada satu lagi tote bag yang terbuat dari karung semen atau karung beras. Tapi itu lumayan gede bisa dibawa-bawa juga,” kata Iqbaal Ramadhan, Senin, 30 Mei 2022.

Iqbaal Ramadhan

Photo :
  • IG @alidanratuqueens
Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Kemudian, Iqbaal juga mengaku jarang menggunakan pendingin udara atau AC. “Berusaha untuk tidak menggunakan AC apalagi sudah mau winter, jadi kayaknya dibuka pintunya dikit aja sudah cukup,” kata Iqbaal.

Iqbaal juga konsisten untuk menghemat penggunaan air. Selain itu, untuk mengurangi sampah tekstil, Iqbaal jarang membeli baju. Ia mengaku tidak apa-apa jika harus mengenakan baju-baju bekas.

“Penggunaan air (hemat). Sudah mulai berusaha semaksimal mungkin kalau bukan urusan kerjaan misalnya untuk mengurangi membeli baju-baju baru, dan aku gak apa-apa menggunakan baju-baju bekas. Beneran gak apa-apa. Mudah-mudahan bisa mengurangi sampah tekstil mungkin,” kata Iqbaal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya