Johnny Depp Menang, Pakar Hukum: Juri Tak Percaya Amber Heard

Johnny Depp dan Amber heard.
Sumber :
  • AP

VIVA – Pakar hukum sedang menyoroti putusan yang dicapai dalam gugatan pencemaran nama baik Johnny Depp terhadap Amber Heard. Dari kacamata pakar, kemenangan Johnny Depp di depan hukum atas Amber Heard merupakan sesuatu yang mengejutkan dan tak biasa.

Soal Kasus Pencemaran Nama Baik yang Dilaporkan Pengelola ABC Ancol, Ini Kata Polisi

Dikutip dari laman People, aktor berusia 58 tahun tersebut memenangkan ketiga klaim pencemaran nama baik dalam kasus tersebut dan hasilnya mendapat ganti rugi sebesar US$15 juta oleh juri. Sehubungan dengan tuntutan balik Heard yang diajukan terhadap Depp, dia ditemukan telah mencemarkan nama baik di salah satu dari tiga klaim. Hasilnya, Amber Heard bisa mendapatkan US$2 juta sebagai ganti rugi.

Depp menggugat artis 36 tahun itu untuk ganti rugi US$50 juta, dan mengklaim Heard telah mencemarkan nama baik dia dengan menulis op-ed 2018 tentang tuduhan kekerasan dalam rumah tangga, meskipun dia tidak menyebutkan nama Depp. Sementara itu, Heard mengajukan tuntutan ganti rugi sebesar US$100 juta, mengklaim Depp mempelopori kampanye untuk mendiskreditkan dia dan tuduhannya sebagai ‘palsu’ dan ‘tipuan’ yang merusak karier dan reputasinya.

Rosan Roeslani Diperiksa dalam Kasus yang Menyeret Connie Rahakundini, Apa Hasilnya?

"Ini adalah hasil yang aneh. Johnny Depp memenangkan ketiga klaim pencemaran nama baik, dan Amber Heard memenangkan salah satu klaim baliknya,” kata pengacara dan analis hukum Emily D. Baker kepada People, dikutip VIVA, Kamis 2 Juni 2022.

Johnny Depp dan Camille Vasquez.

Photo :
  • Ace Showbiz
Connie Rahakundini Dipolisikan ke Bareskrim soal Dugaan Fitnah dan Pencemaran Nama Baik

Pengacara hukum keluarga dan mantan psikolog David Glass juga merasa itu adalah hasil yang sangat tidak terduga. Pakar hukum itu menambahkan bahwa relatif jarang bagi kedua belah pihak untuk secara bersamaan menang dan kalah dalam kasus seperti ini.

"Itu berarti juri menemukan bahwa masing-masing dari mereka mengatakan yang sebenarnya untuk mendapatkan vonis mereka. Tapi itu jelas mendukung Johnny Depp karena juri tidak percaya apa pun yang dikatakan Amber Heard - selain ahlinya yang mengatakan bahwa kariernya sedikit rusak," imbuhnya.

Kedua pengacara menunjukkan ganti rugi yang diberikan kepada Depp dan Heard dalam kasus ini. Dia menambahkan, hukuman ganti rugi adalah ganti rugi hukuman, seolah menegaskan bahwa tidak ada yang menyukai apa yang Anda lakukan. Dan angka 5 juta itu, menurutnya adalah sebuah pesan.

Baker menunjukkan bahwa, ketika sampai pada gugatan balasan Heard yang diajukan terhadap Depp, juri memberikan ganti rugi kepada aktris Aquaman itu sebesar US$2 juta, tetapi tidak ada hukuman.

Amber Heard dan Johnny Depp.

Photo :
  • The Sun

"Itu menurut saya adalah pesan paling keras yang dikirim juri," tegasnya.

Glass mengatakan, ganti rugi yang diberikan kepada Depp menandakan bahwa juri merasa bahwa Heard melakukan ini dengan sengaja untuk mencoba dan menyakitinya. Menurut Baker, ganti rugi hukuman mengatakan juri tidak percaya Heard. Sementara itu, Baker percaya bahwa Depp menghadapi perjuangan berat dalam persidangan.

"Saya pikir tim hukum Johnny Depp memiliki keuntungan mengetahui bagaimana Amber Heard akan hadir kepada juri setelah melihatnya bersaksi di Inggris. Dan saya pikir mereka mengandalkan itu - mereka mengandalkan apakah juri akan percaya dia atau tidak, mereka mengandalkan pernyataan masa lalunya," paparnya.

Glass percaya tim Depp melakukan pekerjaan yang baik dengan kesaksiannya dalam mempersiapkan bukti. Salah satunya saat memberi bukti Johnny Depp keluar sebagai anak yang terluka.

Amber Heard

Photo :
  • Instagram/amberheard

"Dan mereka berbicara tentang pendidikan masa kecilnya sendiri untuk membawa simpati kepadanya. Dan itu adalah langkah yang brilian karena mereka mengizinkannya untuk bertindak seperti itu," tukasnya.

Adapun tim Heard mengatakan, mereka sudah melakukan yang terbaik yang mereka bisa. Artis Aquaman itu juga ingin menceritakan kisahnya. Sayang, Amber menceritakannya dengan cara yang sangat dramatis. 

"Mungkin dia terlalu berlebihan dalam mengemukakan cerita baru yang belum pernah diangkat sebelumnya, dan mungkin itulah yang mengubah juri," bebernya.

"Pada akhirnya, kasus ini bermuara pada satu hubungan [yang tidak stabil] yang berlangsung sekitar satu tahun dan memiliki tuduhan di kedua belah pihak. Jadi ini adalah kasus yang sangat tidak biasa dan sangat unik," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya