Kronologi Meninggalnya Rima Melati, Infeksi Hingga Gagal Jantung

Rima Melati.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA Showbiz – Aktris senior Rima Melati, meninggal dunia pada hari Kamis, 23 Juni 2022, di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Rima meninggal dunia di usia 82 tahun. 

5 Artis Indonesia Meninggal Dunia di Tahun 2022

Saat ditemui awak media, putra Rima Melati, Aditya Tumbuan membeberkan kronologi wafatnya sang ibunda. Rima meninggal dunia karena komplikasi penyakit.

Sebelum dipindah ke RSPAD, Rima dirawat di RSPI Bintaro sejak 7 Mei 2022. Rima awalnya mengidap infeksi dari luka di bagian belakang tubuhnya.

Momen Haru Penghargaan Lifetime Achievement FFI 2022 untuk Rima Melati

Namun, infeksi itu membuat Rima demam tinggi sampai dilarikan ke rumah sakit. Infeksi itu menyebar ke mana-mana, sampai paru-paru Rima terendam air hingga harus disedot. Kemudian menjalar ke ginjal.

"Ibu Rima terkena infeksi dari luka bagian belakang, punggung belakang, infeksi tersebut membuat ibu demam tinggi," kata Aditya di RSPAD, Kamis, 23 Juni 2022.

Merasa Kehilangan, Widyawati Ungkap Sosok Rima Melati

"Ternyata ada infeksi lain yang istilahnya  merambat dari infeksi pertama yaitu paru, parunya mulai kerendam air, harus disedot. Dari situ berturut-turur menjalar ke ginjal," katanya menambahkan.

Rima Melati

Photo :
  • Instagram

Karena hal itu, Rima Melati kemudian harus melakukan cuci darah.

Selama dirawat di RSPAD, Rima menjalani tujuh kali cuci darah dan kondisinya sempat stabil bahkan mau pindah ke ruang rawat inap.

"Dan dari situ Ibu harus dilakukan cuci darah atau HD. Dan selama di RSPAD ini sudah dilakukan 7 kali. Hasilnya memang membuat Ibu stabil, tapi kadang memang usia yang membuat ibu itu seperti berjuang. Jadi, stabil tapi kadang-kadang juga drop," kata Aditya.

Namun sebelum pindah, kondisi Rima kembali drop karena gagal jantung sampai akhirnya meninggal dunia.

"Jadi, ketika saya mau pindah, sepertinya ibu drop. Dokter langsung lari, perawat lari, bilang ke saya, 'ibu gagal jantung'," kata Aditya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya