8 Artis Indonesia Ngaku Alami Gangguan Kesehatan Mental dan Bipolar

Marshanda
Sumber :
  • IG @marshanda99

VIVA Showbiz –  Gangguan bipolar bisa menyerang siapa saja, baik wanita atau pria. Sebab itu, publik semakin menyadari bahwa sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan mental. Sebab itu, gangguan kejiwaan ini semakin terbuka dibicarakan di ruang publik. Beberapa artis Indonesia bahkan secara terang-terangan mengungkap tentang gangguan mental yang mereka alami. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Para artis Indonesia ngaku mengalami bipolar ini ditandai dengan gejala depresi, hipomania, dan mania. Salah seorang yang secara gamblang menyebutkan mengalami bipolar adalah Marshanda dan banyak mengedukasi warganet di media sosial. Selain Marshanda, ternyata ada beberapa artis Indonesia lain mengalami gangguan bipolar, berikut ulasannya. 

1. Marshanda

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Marshanda

Photo :
  • IG @marshanda99

Marshanda tengah menjadi buah bibir setelah ia sering lepas kendali yang diperlihatkan di media sosial. Dia kemudian didiagnosis mengalami sebuah penyakit gangguan bipolar tipe 2. Akibat penyakitnya itu, Marshanda sering hiperaktif dan dengan cepat mengubah kondisi mentalnya.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Gangguan bipolar Marshanda terkadang membuat sebagian netizen percaya bahwa mantan istri Ben Kasyafani itu sulit disembuhkan. Namun, Marshanda juga berusaha untuk bisa mengurangi penyakitnya dengan cara mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan hormon (serotonin) di otak yang mencegah depresi. Bahkan, hingga saat ini, Marshanda masih rutin berobat bolak-balik ke Amerika Serikat.

2. Aliando Syarief 

Aliando Syarief

Photo :
  • IG @aliandooo

Aktor muda yang memiliki paras tampan dan dituduh memiliki hubungan khusus dengan aktris Prilly Latuconsina ini namanya sudah jarang muncul lagi di layar TV. Aliando Syarief memilih vakum dari dunia hiburan, hanya untuk mengetahui bahwa ia menderita masalah kesehatan mental.

Pasalnya, Aldiano mengaku dirinya didiagnosa OCD atau Obesessive complusive disorder. Gangguan obsesif-kompulsif adalah gangguan mental di mana penderitanya merasa harus melakukan sesuatu. Jika hal itu tidak dilakukan maka dia akan merasa cemas, khawatir, dan takut.

3. Denny Sumargo 

Denny Sumargo

Photo :
  • Youtube.com/Dennysumargo/tamara

Denny Sumago, yang pernah gagal menikah dan memutuskan untuk meninggalkan dunia hiburan, mengaku telah mengalami masalah kesehatan mental selama bertahun-tahun. Ini dimulai ketika hidupnya mrtsds frustrasi oleh berbagai ujian kehidupan, termasuk tuduhan bahwa dia telah membuat DJ hamil. Namun, tuduhan tersebut terbukti salah.

4. Ariel Tatum

Ariel Tatum

Photo :
  • Instagram @arieltatum
 

Artis muda berikutnya yang mengalami gangguan kesehatan mental adalah Ariel Tatum. Aktris Ariel Tatum juga pernah menjelaskan kepada publik tentang gangguan penyakit mental yang pernah dihadapinya. Dia menemukan dia memiliki gangguan kepribadian ambang (BPD) pada usia 18 tahun.

Sejak itu, Ariel Tatum telah melakukan berbagai perawatan dan pekerjaan terapeutik lainnya. Kondisi mentalnya membuatnya sulit untuk membangun hubungan dengan orang lain serta membuat dirinya mencoba untuk menyakiti diri sendiri. 

5. Rachel Vennya 

Rachel Vennya

Photo :
  • Instagram @rachelvennya

Rachel Vennya blak-blakan mengatakan dirinya terkena mental illness. Lewat unggahan di kanal YouTube pribadinya, ia mengaku sempat mengidap bipolar disorder. Kendati begitu, Rachel Vennya kala itu terus berusaha semangat untuk menghadapi dan sembuh dari gangguan kesehatan mentalnya demi kedua anaknya usai bercerai dari Niko Al Hakim.

6. Vidi Aldiano 

Vidi Aldiano

Photo :
  • Instagram/vidialdiano

Artis dan penyanyi lain yang mengalami gangguan kesehatan mental adalah penyanyi Vidi Aldiano. Pelantun lagu Nuansa Bening ini mengungkapkan bahwa dirinya menderita kecemasan. Vidi Aldiano bahkan pingsan karena serangan kecemasan pada akhir 2018. Dia juga memposting tentang kondisinya di Instagram.

7. Medina Zein 

Medina Zein

Photo :
  • Instagram

Selebriti Medina Zein mengaku mengidap bipolar II sejak 2016. Ia mengatakan, kondisi itu karena warisan ibunya, Tien Wartini. Tian pernah menyangkal memiliki gangguan bipolar, tetapi kemudian mengatakan mungkin dia pernah dialaminya walaupun tidak pernah memeriksakan diri ke dokter spesilis.

Medina Zein ditangkap karena dicurigai menggunakan narkoba dan dinyatakan positif menggunakan amfetamin. Dia mengaku minum obat sesuai resep dokter untuk mengobati gangguan bipolar. Akhirnya, Medina Zein sembuh selama tiga bulan di Lemdikpol, Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Medina Zein pernah ditangkap karena dugaan narkoba dengan hasil tes positif amfetamin. Ia mengaku mengonsumsi obat berdasarkan resep dokter untuk mengobati bipolar. Akhirnya, Medina Zein direhabilitasi selama tiga bulan di Lemdikpol, Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

8. Awkarin 

Awkarin

Photo :
  • Instagram

Selebriti Awkarin juga mengaku mencoba bunuh diri pada 2018. Awkarin juga sering mengalami gangguan kesehatan mental akibat gangguan bipolar dan merasa sangat kreatif sehingga harus terus dicurahkan. Awkaerin kemudian mengatakan dia pergi ke Rumah Sakit Abdi Valuyo Jakarta untuk berkonsultasi dengan psikolog. Menurut Awkarin, dia menghabiskan empat kunjungan ke psikolog sebelum gangguan bipolar ringan didiagnosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya