Adik Marshanda Blak-blakan Soal Kesehatan Mental Sang Kakak

Marshanda dan sang adik, Allysa.
Sumber :
  • Instagram @dollyssa.

VIVA Showbiz – Kesehatan mental Marshanda dikaitkan dengan kabar kehilangannya saat di Los Angeles, Amerika Serikat. Meski kabar kehilangan tersebut ditepis oleh pihak keluarga, namun dukungan kerap diberikan agar menjaga kesehatan mental artis 32 tahun itu.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Keluarga menepis bahwa Marshanda hilang saat di Los Angeles, apalagi dikaitkan dengan kesehatan mentalnya. Kendati begitu, Adik Kandung Marshanda, Alyssa Ramadhani, mengaku pihak keluarga selalu mendukung apapun kebutuhan Marshanda agar menjaga kesehatan mentalnya tetap optimal.

"Support keluarga sangat amat banyak. Yang pasti, yang kak Caca juga selalu ajarin adalah kita harus sama-sama belajar. Salah satu anggota keluarga, sebenarnya ada apa, tanpa kita judge terlebih dahulu. Support paling penting bagaimanapun kondisi keluarga kita harus tetap sayang dia," tutur Alyssa kepada awak media, Selasa 28 Juni 2022.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Diakui Alyssa, tentu banyak keluarga yang selalu saling mendukung terkait apapun kondisinya. Tak terkecuali, dengan keluarganya yang selalu memaafkan dan memberikan toleransi atas kondisi Marshanda serta anggota keluarga lain.

Marshanda.

Photo :
  • Instagram @marshanda99.
Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

"Kami yang paling penting harus toleransi dan maafin. Karena mau gimana pun juga, kita keluarga dan itu paling penting. Dan selama ini support yang kita jalani, kak Caca juga yang ajari kita," imbuhnya.

Selain itu, Alyssa sendiri belajar banyak dari Marshanda yang mau menjalani komunikasi secara terbuka dengannya dan anggota keluarga lain. Dengan begitu, Alyssa berharap tak ada mis komunikasi sehingga seluruh anggota keluarga akan saling memahami kondisi kesehatan masing-masing.

"Komunikasi dengan baik, misal jujur. Misal 'Kak aku ngerasa gini-gini', Kak Caca juga ngerasanya begini-begini. Biar nggak banyak miskom. Apalagi kondisi kak Caca. Yang hebat dari dia, dia mau open up. Misal 'kak Caca lagi ngerasa gini, butuh me time', itu komunikasi," tutur dia.

Diketahui, Marshanda yang sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat, dikabarkan telah hilang kontak. Diungkap oleh salah satu sahabatnya, Sheila Salsabila, sudah beberapa hari ibu satu anak itu tanpa kabar dan diduga terkait dengan penyakit Bipolar yang diidapnya.

Menurut Sheila, kehilangan Marshanda diduga kuat terkait dengan bipolar. Sheila menyebut, sahabatnya tersebut kemungkinan sedang dalam tahap Gejala Manik atau Episode Manic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya