Ceramah di Depan PSK Hingga Mualafkan Artis, Ini Gebrakan Gus Miftah

Gus Miftah Maulana Habiburrohman
Gus Miftah Maulana Habiburrohman
Sumber :
  • Instagram Gus Miftah

VIVA Showbiz – Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab disapa dengan Gus Miftah merupakan ustaz yang menjadi guru spiritual beberapa artis Indonesia. Sejak dulu, ia terkenal menyebarkan ajaran Islam dengan cara yang tidak biasa.

Bukan dari masjid ke masjid, ia memilih untuk berceramah di sejumlah tempat maksiat seperti klub malam atau salon ‘plus-plus’. Bahkan jemaah dari Gus Miftah kerap berpakaian seksi. Ia juga mengajarkan cara mengaji kepada jemaahnya.

Mengadakan pengajian di kelab malam

Gus Miftah

Gus Miftah

Photo :
  • ist

Nama Gus Miftah menjadi pembicaraan publik saat ia mengadakan pengajian di salah satu kelab malam di Bali pada tahun 2018 silam. Gus Miftah menjelaskan tujuannya berkelana dari kelab ke kelab lain berceramah di depan PSK yaitu agar mereka yang terbentur tuntutan hidup bisa kembali dekat dengan agama khususnya Islam.

Padahal Gus Miftah sudah melakukan kegiatan tersebut lebih dari 12 tahun. Tempat lokalisasi PSK pertama yang ia kunjungi untuk pengajian adalah daerah Pasar Kembang atau Sarkem di Yogyakarta.

Kendati sering menyebarkan ajaran Islam di tempat terlarang, Gus Miftah tak jarang mendapat cacian dari publik. Mereka menilai dirinya telah melacurkan agama. Namun pria kelahiran 5 Agustus 1981 ini memilih bersikap tak acuh dan konsisten dalam melakukan misinya.

Mendirikan pondok pesantren

Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Tundan Jogjakarta, Gus Miftah Maulana Habiburrohman.

Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Tundan Jogjakarta, Gus Miftah Maulana Habiburrohman.

Photo :
  • Instagram Gus Miftah

Di tengah kegiatan memberikan tausiah di berbagai tempat maksiat, ia pun memutuskan membangun sebuah pondok pesantren yang diberi nama cukup unik yakni Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji pada tahun 2011. Nama Ora Aji diambil dari Bahasa Jawa yang diterjemahkan ‘tak berarti’. Filosofi di balik nama ini adalah tak ada seorang pun yang berarti di mata Allah SWT selain ketakwaannya. 

Dikabarkan warga asing pun ada yang datang ke Ponpes untuk memeluk agama Islam dan mempelajarinya secara mendalam. 

Menjadi guru spiritual publik figur dan membimbing para mualaf

Gus Miftah.

Gus Miftah.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Gaya dakwah Gus Miftah dianggap unik dan kekinian. Maka dari itu tak heran jika masyarakat tertarik dengan ceramahnya. Bahkan beberapa artis memilih Gus Miftah menjadi guru spiritualnya antara lain Atta Halilintar, Aurel dan Anang Hermansyah, serta keluarga Raffi Ahmad.

Tak hanya sebagai guru spiritual, pria yang besar di kota Yogyakarta ini berhasil membimbing beberapa publik figur Indonesia menjadi mualaf seperti Deddy Corbuzier, DJ Katty Butterfly, Nania Yusuf, dan yang terbaru asisten pribadi Hotman Paris bernama Monna Frans.