Sedang Banyak Dibicarakan, Ini Jejak Karier Arawinda Kirana

Arawinda Kirana
Sumber :
  • Instagram Arawinda Kirana

VIVA Showbiz – Arawinda Kirana tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial pada Rabu 6 Juli 2022. Netizen menuding Arawinda tengah menjalin hubungan asmara dengan suami orang lain. 

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Siapakah sosok Arwinda Kirana, aktris muda berbakat yang membintangi film Yuni (2021) itu? Berikut profil Arawinda yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Aktris pemenang Piala Citra Festibal Film Indonesia (FFI) 2021 itu memiliki nama lengkap Sri Arawinda Kirana Rustandi. Ia lahir pada 27 September 2001 dan telah menekuni dunia seni peran sejak masih kecil. Di usia 6 tahun, Arawinda bahkan telah bergabung dengan komunitas seni teater. 

One Pride MMA King Size New Champion Gelar Acara Penghargaan

Arawinda adalah anak sulung dari pasangan Nur Ariobimo dan Menour Ariobimo. Arawinda memiliki seorang adik laki-laki bernama Vindra. 

Pendidikan

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Kemampuan Arawinda dalam dunia hiburan semakin berkembang. Pendidikan juga turut mengambil peran dalam hal ini. Ia merupakan lulusan dari Sekolah Perkumpulan Mandiri pada 2019 dan mengambil Screenwriting Summer Course di New York Film Academy selama empat bulan.

Lanjut pada 2020, Arawinda mengambil pendidikan sarjana program studi Televisi dan Film di Institut Kesenian Jakarta.

Ia juga diterima untuk kuliah film di University of Southern California. Arawinda kabarnya akan mengambil jurusan Cinematic Arts Film and Television Production dari School of Cinematic Arts.

Perjalanan Karier

Arawinda terjun ke dunia hiburan pada 2019 di bawah manajemen Kite Entertainment. Ia pernah bergabung dengan serial musikal Nurbaya dan menjadi pemeran utamanya.

Perjalanan kariernya di dunia hiburan semakin cemerlang. Arawinda sempat menjadi pemeran pendukung dalam film Galih dan Ratna pada 2017, kemudian menjadi pemeran utama dalam film Quarantine Tales (2020). Film yang berformat antologi tersebut memiliki lima cerita, salah satunya adalah Happy Girls Don't Cry di mana Arawinda berperan sebagai Adin. 

Beberapa penghargaan juga telah sukses diraihnya. Berkat film Quarantine Tales, Arawinda berhasil meraih Piala Maya 2020 untuk kategori Aktris Pendatang Baru Terbaik. Ia berhasil mengalahkan artis muda lainnya, seperti Shakira Jasmine dan Dannia Salsabilla.

Namanya semakin populer sejak bergabung dalam film Yuni di tahun 2021. Berperan sebagai Yuni, yaitu gadis muda yang memiliki cita-cita sangat tinggi namun dihantui oleh tuntutan keluarga dan lingkungan sosial di sekitarnya. 

Film garapan Kamila Andini itu berhasil membawa Arawinda meraih Piala FFI 2021 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Piala Maya untuk kategori Aktris Utama Terpilih. 

Arawinda juga memiliki prestasi dalam festival internasional, di mana ia terpilih sebagai Best Actrees dalam Red Sea International Film Festival 2021 dan Asian World Film Festival 2021. Di tahun yang sama Arawinda juga menerima penghargaan dari Indonesia Film Critics Society dan Festival Film Tempo untuk kategori Aktris Utama Pilihan Tempo.

Eksistensinya di dunia seni peran tidak hanya membawanya pada proyek film, tetapi juga pada serial dan film pendek seperti X&Y (2021) dan Unknown (2021). 

Arawinda juga kembali bekerja sama dengan Kamila Andini dalam film terbaru yang berjudul Before, Now & Then, yang tayang perdana di Berlin International Film Festival 2022. 

Selain dunia film layar lebar, Arawinda telah debut menjadi model video klip Dua Centang Biru oleh Aminda, FAR oleh Rendy Pandugo, dan Selamat Jalan Kekasihku oleh Andien dan Tompi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya