Perjuangan Angelina Sondakh Cari Uang, Rela Jadi Pengamen MRT

Angelina Sondakh
Sumber :
  • IG @angelinasondakh09

VIVA Showbiz – Setelah mendekam di penjara hampir 10 tahun, Angelina Sondakh atau Angie kini sudah bisa menghirup udara bebas. Namun, keluarnya Angelina Sondakh dari rutan Pondok Bambu Jakarta Timur menyisakan pertanyaan tentang harta kekayaan yang dia miliki. Sebab, sebelum keluar dari penjara ia harus membayar denda mencapai Rp8,8 miliar. 

Pernah Jadi Puteri Indonesia, Angelina Sondakh Ungkap Kenangan dengan Mooryati Soedibyo

Seharusnya, Angelina Sondakh bebas dari penjara pada bulan Agustus 2022 karena tidak membayar uang pengganti senilai Rp4 miliar dari total yang dibebankan hakim Rp13 miliar. Tapi, ia akhirnya bisa membayar denda Rp8,8 miliar sehingga bebas dari penjara pada 3 Maret 2022. Setelah bebas, Angie harus berjuang sendiri untuk mencari sesuap nasi. 

Kekayaan Angelina Sondakh

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Angelina Sondakh.

Photo :
  • Instagram

Kekayaan Angelina Sondakh ketika mencalonkan sebagai anggota DPR RI sekitar Rp798 juta tahun 2003. Ia kemudian melaporkan LHKPN pada 2010 sebagai anggota dewan yang memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan dengan total Rp2,8 miliar. Selain itu, ia juga memiliki beberapa aset kendaraan dengan nilai mencapai Rp1.1 miliar. 

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Kemudian, Angelina Sondakh juga memiliki harta tidak bergerak lainnya seperti uang Rp165 juta, surat berharga senilai Rp1,2 miliar, giro dan setara kas senilai Rp770 juta. Dengan demikian, menurut LHKPN terakhir ke KPK pada 21 Juli 2010, Angie diperkirakan mempunyai total harta Rp6,1 miliar. 

Total kekayaan itu belum dihitung dengan biaya lain-lain setelah mengeluarkan banyak uang untuk membayar denda korupsi yang mencapai Rp8,8 miliar. Hingga saat ini, total kekayaan mantan istri Adjie Massaid ini belum diketahui sisanya berapa setelah menghirup udara bebas. Namun, diketahui ia menjalani beberapa pekerjaan. 

Bisnis Kuliner

Angelina Sondakh

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Angelina Sondakh kemudian menjajal peruntungannya sebagai seorang pebisnis setelah bebas dari penjara. Ia mencoba membuat kue untuk dijadikan sebagai sarana menyambung hidup. Ia mengatakan bahwa teknik membuat kue adalah salah satu ilmu yang dipelajari di penjara. 

Kemudian, setelah keluar dari penjara didukung dengan peralatan masak kekinian yang tersedia di rumahnya. Hal ini juga yang membuat dirinya semakin semangat. Untuk kue yang sudah jadi, ia memanfaatkan platform jual beli online untuk memasarkan produknya.

Ia juga memiliki rencana jangka panjang untuk menjajakan bisnis kue tersebut. Karena, keputusan untuk berdagang sudah mendapatkan restu dari sang anak, Keanu Jaabar Massaid. Angelina Sondakh juga menyebut bahwa mencari uang halal itu tidak mudah. 

Menjadi Pengamen

Angelina Sondakh

Photo :
  • IG @angelinasondakh09

Mantan politisi Partai Demokrat ini mengaku menjadi pengamen untuk menyambung hidup setelah bebas dari masa tahanan karena dakwaan kasus korupsi Wisma Atlet. Janda Adjie Massaid ini mengatakan bahwa kini tengah ‘mengamen’ di jalanan, tepatnya di stasiun MRT. 

Tidak hanya sendiri, ia mengamen bersama kawan sesama mantan narapidana melalui sebuah kelompok musik. Pilihan untuk menjadi seorang pengamen jalanan ini dipilih Angie untuk mendapatkan sumber rezeki yang halal. 

Ia rela mengamen hanya untuk menafkahi dirinya dan putra semata wayangnya. Ia juga mengaku tidak ada rasa malu yang menahan dirinya untuk mengambil jalan tersebut. Justru, Angie bangga karena bisa berjuang untuk membesarkan sang anak. 

Beli Hewan Kurban

Angelina Sondakh Beli Hewan Kurban

Photo :
  • Instagran Angelina Sondakh

Perekonomian Angie tampaknya kian membaik dan kini ia menjadi sosok yang mempunyai banyak uang. Ia terlihat banyak mengeluarkan dana yang tentu dalam jumlah banyak untuk membeli hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 2022 mendatang. 

Dilihat dari akun Instagram pribadinya, ia mengunggah sebuah potret yang memperlihatkan dirinya mendatangi peternakan hewan kurban. Foto tersebut memperlihatkan Angie dan juga beberapa hewan kurban seperti kambing dan sapi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya