5 Idol K-Pop Pria Secara Terbuka Tunjukkan Dukungan untuk Feminisme

Yuta NCT
Yuta NCT
Sumber :
  • instagram.com/yuu_taa_1026

VIVA Showbiz – Feminisme masih menjadi subjek yang tabu di Korea, akan tetapi itu tidak menghentikan beberapa idol untuk mengekspresikan dukungan mereka dalam kesetaraan gender dengan cara yang berbeda.

Seringkali  asosiasi feminisme dapat merusak karier seseorang. Perdebatan seksisme telah melihat banyak orang di ruang publik dituduh 'anti-laki-laki,' yang disimpulkan dari kata 'feminisme’. Hal ini juga menyebabkan idol K-Pop wanita dipermalukan secara tidak adil karena hal-hal yang sering dilakukan idol pria tanpa konsekuensi.

Akibatnya, tidak jarang para publik figur secara terbuka menganut pandangan feminis, meskipun mereka melakukannya secara tertutup. Namun, terlepas dari risikonya, berikut ini adalah idol K-Pop pria yang secara terbuka menunjukkan dukungan mereka terhadap feminisme yang dikutip dari Koreaboo

1. Hongjoong ATEEZ

Hongjoong ATEEZ

Hongjoong ATEEZ

Photo :
  • Instagram @hongjoongmysoulmate

Hongjoong memang dikenal sebagai seniman yang empatik dan inklusif dan sangat dihargai oleh banyak ATINY (sebutan penggemar ATEEZ). Mulai dari menjadi pendukung komunitas LGBTQIA+ hingga menentang norma gender atau feminisme. Hongjoong ATEEZ membuat semua orang merasa aman dan terlihat meskipun berbeda. 

2. RM BTS

Kim Namjoon atau RM BTS.

Kim Namjoon atau RM BTS.

Photo :
  • Soompi

RM diketahui membaca buku ‘feminis’ Kim Ji Young, Born 1982 yang mengeksplorasi sifat patriarki masyarakat Korea Selatan dan pernah menimbulkan reaksi negatif dari pria Korea Selatan ketika diterbitkan. 

Bahkan, ia merasa buku itu sangat menggugah pikiran sehingga buku itu menjadi andalan dalam daftar rekomendasi bukunya sejak saat itu. Hal yang cukup menariknya, membaca buku ini menyebabkan RM dicap sebagai 'verified feminists' di situs web anti-feminis (namun telah dihapus).

3. San ATEEZ

San - ATEEZ

San - ATEEZ

Photo :
  • soompi

San ATEEZ mendapat pujian dari ATINY ketika dirinya menunjukkan dukungan untuk pemanah Olimpiade An San yang menerima reaksi keras dari ekstremis laki-laki karena mereka menuduh bahwa dia telah menggunakan istilah yang salah. San tidak hanya menyatakan dukungan untuknya tetapi juga menggunakan istilah itu sendiri. Tampaknya San menggunakan platformnya untuk menarik perhatian pada masalah ini.

4. Yuta NCT 127

Yuta NCT

Yuta NCT

Photo :
  • instagram.com/yuu_taa_1026

Yuta NCT 127 pernah mendapat pujian karena dengan lucu memanggil rekan-rekannya di acara variety show Abnormal Summit ketika mereka mulai membuat daftar negara-negara dengan wanita tercantik.

Tak hanya itu, Yuta juga membahas isu-isu yang dapat muncul dari membesarkan anak-anak untuk mematuhi peran gender yang ketat.

5. Kevin THE BOYZ

Kevin Moon The Boyz

Kevin Moon The Boyz

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Kevin THE BOYZ secara terbuka telah menjadi sekutu LGBTQIA+ selama bertahun-tahun. Tidak hanya itu, bahkan dirinya juga dikenal banyak membuat komentar dan lelucon 'feminis' yang terus-menerus dipuji oleh para penggemarnya.