5 Artis Hollywood yang Dipecat Karena Rasisme, Ada James Gunn

Hartley Sawyer
Hartley Sawyer
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Showbiz – Sejak zaman dulu, industri perfilman Hollywood memang tidak bisa terlepas dari kontroversi. Para sineas Hollywood yang terlibat dalam kontroversi pun tidak jarang sampai mengalami pemecatan. Entah itu dari proyek serial dan film yang tengah mereka bintangi maupun oleh suatu merek produk tertentu yang sedang menjalin kerja sama. 

Kontroversi yang kerap dialami oleh para artis Hollywood ini bermacam-macam, tidak terkecuali dengan isu rasisme yang sering terjadi di sana. Beberapa sineas Hollywood ada yang pernah dipecat dari sebuah proyek tertentu lantaran pernyataannya maupun tindakan mereka yang dianggap menyinggung ras atau suku tertentu. 

Untuk itu, dibawah ini ada beberapa artis Hollywood yang dipecat lantaran berperilaku rasisme seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Hartley Sawyer

Hartley Sawyer

Hartley Sawyer

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Aktor Hartley Sawyer yang main sebagai Ralph Dibny alias Elongated Man dalam serial The Flash dipecat lantaran masalah rasisme di pertengahan 2020. Hal ini karena beberapa cuitan Sawyer beberapa tahun silam yang mengandung unsur rasisme dan kebencian kepada wanita kembali muncul ke publik. Sebab itu, ia tak akan hadir dalam serial superhero DC. 

Sebetulnya, cuitan yang mengandung unsur rasisme itu dibuat Sawyer beberapa tahun silam sebelum dirinya terlibat sebagai pemeran dalam serial The Flash. Meski demikian, sang aktor tetap membuat permintaan maaf lewat sebuah unggah di Instagram setelah pemecatannya. 

2. Taylor Selfridge

Taylor Selfridge

Taylor Selfridge

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Sama seperti Sawyer, aktris Hollywood yang satu ini juga dipecat setelah cuitannya yang mengandung unsur rasisme kembali mencuat ke publik. Dalam salah satu tweet, artis Hollywood yang satu ini menulis bahwa dia kadang tidak mau menyapa orang berkulit hitam di tempat dia bekerja lantaran mereka tampak menakutkan untuk dirinya. 

Karena hal tersebut, MTV memutuskan untuk memutus hubungan kerja mereka dengan Selfridge dalam sebuah reality show yang berjudul Teen Mom OG. Padahal, Selfridge sudah menjadi bagian dalam acara Teen Mom OG sejak tahun 2017 silam. 

3. Stassi Schroeder dan Kristen Doute

Stassi Schroeder

Stassi Schroeder

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Pernyataan dari aktris Faith Stowers mengenai rasisme bukan hanya membuat satu orang dipecat, melainkan dua orang sekaligus. Bahkan, kedua orang itu merupakan rekan bermain Stowers di serial Vanderpump Rules, yaitu Stassi Schroeder dan Kristen Doute. Mereka dikabarkan melakukan prank terhadap Stowers. 

Prank tersebut dilakukan dengan menelpon polisi dan mengatakan bahwa rekannya itu adalah orang kulit hitam yang sedang dicari lantaran kasus perampokan. Karena kejadian tersebut, Schroeder dan Doute pun dipecat dari Vanderpump Rules walaupun menjadi salah seorang pemeran utamanya. 

4. James Gunn

James Gunn

James Gunn

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Tahun 2018, sosok James Gunn sempat menjadi perbincangan di media sosial. Sebab, cuitan lawasnya yang bernada rasisme sampai pedofilia dari sutradara Guardians of the Galaxy ini mencuat ke publik. Hal tersebut membuat Disney memecat Gunn sehingga sineas Hollywood ini tidak terlibat lagi dalam film-film Marvel

Meski demikian, pada akhirnya Disney memaafkan Gunn. Buktinya, James Gunn kembali ditunjuk sebagai sutradara dalam film Guardians of the Galaxy yang tayang pada 2022. Selain itu, Gunn juga pernah mengungkapkan permintaan maaf dirinya dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut. 

5. Dee Nguyen

Dee Nguyen

Dee Nguyen

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Taylor Selfridge bukan satu-satunya artis Hollywood yang dipecat oleh MTV. Dee Nguyen yang membintangi reality show The Challenge juga menjadi salah satu yang dipecat MTV. Hal ini lantaran dia mempublikasikan cuitan yang mengatakan bahwa kematian George Floyd di Amerika Serikat terlalu dibesar-besarkan.

Setelah cuitan itu viral di media sosial, sejumlah orang akhirnya menganggap bahwa Dee Nguyen anti gerakan Black Lives Matter yang sedang ramai dilakukan untuk menolak aksi rasisme terhadap orang berkulit hitam.