Totalitas, 5 Artis Muslim Perankan Karakter Beda Keyakinan di Film

Adipati Dolken.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Ada beberapa artis muslim perankan karakter non muslim dalam sebuah film secara profesional. Tentu saja sebagai seorang pekerja seni, artis dituntut untuk bisa melakukan apa saja untuk menyuguhkan karya bagi para penggemarnya. Mereka sering ditantang untuk dapat memainkan dalam berbagai karakter, meski berbeda agama sekalipun. 

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Meski isu agama sangat sensitif di Indonesia, para artis ini dengan berani mengambil risiko dan bahkan rela untuk belajar agama lain untuk mendalami karakter yang hendak dibawakan. Tidak mudah untuk mereka memainkan karakter yang berbeda dengan kenyataan, terutama soal agama. Sehingga dibutuhkan pendalaman karakter untuk tampil lebih totalitas. 

Untuk itu, berikut ulasan mengenai artis muslim perankan karakter non muslim seperti dirangkum dari VIVA dan IntipSeleb. 

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

1. Adipati Dolken

Adipati Dolken.

Photo :
  • Istimewa
Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Film dengan judul Akhirat: A Love Story yang tayang pada 2 Desember 2021 silam diperankan oleh Adipati Dolken. Dalam film tersebut, ia harus memerankan karakter seorang pria yang menganut agama Kristen dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Untuk memerankan karakter itu, ia sampai mendalami agama Kristen supaya bisa membawakan dengan maksimal. 

Bahkan, suami dari Canti Tachril ini juga mempelajari kebiasaan dari keluarga yang menganut agama Kristen agar bisa mendapatkan karakter utama yang sangat kuat. Adipati Dolken juga tidak menampik bahwa dirinya merasa sangat kesulitan untuk memainkan karakter berbeda agama tersebut. 

2. Aditya Zoni

Aditya Zoni

Photo :
  • Instagram/real_aditya1

Menurut penuturannya dalam kanal YouTube Showbiz Kid, Aditya Zoni pernah disangka pindah agama lantaran dirinya ketahuan memakai kalung salib. Namun, dengan santai ia mengatakan bahwa dirinya hanya sedang mendalami karakter sebagai seorang pemeluk agama Nasrani. Aditya Zoni juga tidak menyangkal bahwa perannya menjadi tantangan tersendiri. 

Terlebih, sejak lahir sampai saat ini ia menganut agama Islam, sedangkan dalam series Satu Amin Dua Iman, ia harus memerankan karakter seorang Katolik. Untuk mendalami karakter, Aditya Zoni bahkan mempelajari agama tersebut dari YouTube dan buku-buku yang menjelaskan bagaimana cara mereka berdoa serta bersosialisasi. 

3. Zsa Zsa Utari

Zsa Zsa Utari

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Zsa Zsa Utari sukses memainkan karakter sebagai Maria dalam Imperfect The Series beberapa tahun lalu. Karakternya yang konyol mengharuskan Zsa Zsa untuk beradegan nyentrik sekaligus tak malu-malu. Meski menganut agama Islam, ia harus berperan sebagai seorang pemeluk agama Kristen sebagai Maria di serial komedi tersebut. 

Artis muslim perankan karakter non muslim ini harus menggunakan kalung salib sampai mengucapkan pujian kepada Tuhan ketika memerankan karakter tersebut. Meski begitu, ia tetap teguh dengan keimanannya dan berdoa supaya film tersebut bisa menginspirasi banyak orang. 

4. Maudy Koesnaedi

Maudy Koesnaedi

Photo :
  • Instagram Maudy Koesnaedi

Dalam sebuah film yang berjudul Ave Maryam, Maudy Koesnaedi harus memerankan karakter sebagai Suster Maryam. Ia yang menganut agama Islam itu harus memainkan karakter biarawati yang beragama Katolik. Agar bisa mendalami karakter tersebut, perempuan yang berusia 44 tahun itu melakukan riset yang cukup panjang. 

Menariknya, Maudy sampai bertemu dengan para suster dan mengajukan beberapa pertanyaan. Sang sutradara film Ave Maryam, Ertanto Robby menyebut bahwa dirinya tidak mengetahui jika artis muslim perankan karakter non muslim ini adalah seorang penganut agama Islam. 

5. Rio Dewanto

Rio Dewanto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Rio Dewanto dikenal sebagai seorang aktor yang totalitas dalam memerankan karakter di sebuah film. Rio Dewanto diketahui menganut agama Islam, tapi dalam sebuah film yang berjudul Tanda Tanya ia sukses memerankan sosok Ping Hen. Dalam film itu, Ping Hen adalah seorang pria non muslim keturunan Tionghoa. 

Meski sosok Ping Hen dalam film tersebut menganut agama yang berbeda dengan kehidupan aslinya, tapi Rio Dewanto sukses membuat para penggemar terbawa suasana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya