Dukung Salman Rushdie, JK Rowling Diancam Dibunuh

JK Rowling.
Sumber :
  • IMDb

VIVA Showbiz – Penulis asal Inggris, JK Rowling mendapatkan ancaman pembunuhan dari salah satu pemilik akun Twitter, setelah memberikan dukungan di media sosial kepada Salman Rushdie, novelis yang ditikam secara brutal minggu lalu di New York, AS.

Gara-gara Chat Mesum, Pria di Medan Tusuk Selingkuhan Istri hingga Tewas

Melansir New York Times, pihak berwenang Inggris saat ini sedang menyelidiki ancaman yang diterima oleh penulis novel Harry Potter tersebut.

Beberapa jam setelah serangan terhadap Rushdie, yang ditikam kira-kira 10 kali saat dia bersiap untuk berbicara di Institusi Chautauqua, Rowling menuliskan belasungkawanya di Twitter @jk_rowling

12 Jaksa Bakal Ungkap Skenario 'Licin' Yosep Subang Bunuh Istri dan Anak 

“Berita mengerikan," cuit JK Rowling merujuk pada sebuah artikel berita.

"Merasa sangat sakit sekarang. Biarkan dia baik-baik saja," sambungnya.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

JK Rowling.

Photo :
  • BusinessInsider

Sebagai tanggapan, pengguna Twitter dengan nama @MeerAsifAziz1 memberikan komentar yang berisi ancaman terhadap sang penulis.

“Jangan khawatir, Anda yang berikutnya," tulisnya.

Tweet itu kemudian dihapus, dan akun itu ditangguhkan pada Minggu malam.

Juru bicara Kepolisian Skotlandia mengatakan, pihak berwenang telah menerima laporan tentang ancaman online terhadap Rowling dan penyelidikan sedang berlangsung. Pada hari Sabtu, JK Rowling juga menuliskan protes terhadap Twitter karena mengizinkan akun media sosial yang mengajukan ancaman untuk tetap aktif.

Ilustrasi aplikasi Twitter.

Photo :
  • Pixabay

“@TwitterSupport Ini adalah pedoman Anda, bukan?” cuitnya.

"Kekerasan: Anda tidak boleh mengancam kekerasan terhadap individu atau sekelompok orang. Kami juga melarang pengagungan kekerasan…” sambungnya.

Sayangnya, pihak Twitter tidak segera menanggapi komentar JK Rowling tersebut.

Pada hari Minggu, Warner Bros. Discovery, perusahaan hiburan di balik adaptasi film Harry Potter, memberikan pernyataan yang mengutuk serangan terhadap Rowling.

JK Rowling dan novel terbarunya, The Casual Vacancy

Photo :
  • http://tentangfilm.com

“Kami mendukungnya dan semua penulis, pendongeng, dan kreator yang dengan berani mengekspresikan kreativitas dan pendapat mereka,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, yang juga menyampaikan belasungkawa kepada Rushdie dan keluarganya.

“Perusahaan mengutuk keras segala bentuk ancaman, kekerasan, atau intimidasi ketika pendapat, keyakinan, dan pemikiran mungkin berbeda,” kata pernyataan itu.

Salman Rushdie bersembunyi pada tahun 1989, tak lama setelah penerbitan novelnya The Satanic Verses. Buku yang berisi penggambaran fiksi Nabi Muhammad, menyinggung banyak Muslim, dan menghasilkan fatwa, atau fatwa, dari Ayatollah Ruhollah Khomeini, pemimpin tertinggi Iran, yang mendesak umat Islam untuk membunuh penulisnya. 

Pada tahun 1998, presiden negara itu mengatakan Iran tidak lagi mendukung dekrit tersebut.

Saat Rushdie bersiap untuk berbicara di Institusi Chautauqua, seorang pria, yang kemudian diidentifikasi oleh polisi sebagai Hadi Matar, 24, dari New Jersey, menyerbu panggung dan menikamnya. Salman Rushdie menetap di sebuah rumah sakit di Erie, Pa., dan agennya mengatakan pada hari Minggu bahwa dia sedang dalam pemulihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya