Kisah Spiritual Ilham Idol, Kembali di Baptis Memeluk Agama Kristen

Ilham Idol/Ilham Baso
Ilham Idol/Ilham Baso
Sumber :
  • Instagram @ilhamsongwriter

VIVA Showbiz – Ilham Idol alias Ilham Baso mengungkapkan pertanyaan temannya soal Tuhan Yesus yang menyadarkannya. Diketahui bahwa Ilham Idol sempat pindah agama islam. Namun, dirinya kembali memutuskan memeluk agama Kristen usai mendengar pertanyaan soal Tuhan Yesus. Seperti apa kisahnya? Simak ulasannya berikut ini.

Tersadar usai pertanyaan soal Yesus

Ilham Idol/Ilham Baso

Ilham Idol/Ilham Baso

Photo :
  • Instagram @ilhamsongwriter

Dikutip dari Intipseleb, Ilham Idol memutuskan pindah agama dari Kristen ke Islam pada tahun 1999. Setelah jadi mualaf, Ilham menjadi religius dengan aktif sebagai remaja masjid. Namun, Ilham dihadapi dengan sebuah pertanyaan soal Tuhan Yesus yang membuatnya sadar.

Salah satu temannya bertanya kepada Ilham Idol soal kelahiran Yesus. Sang teman bingung mengapa Yesus terlahir di kandang domba, padahal dirinya seorang Tuhan. Mendapati pertanyaan itu, Ilham menyatakan roh kudus sedang bekerja padanya.

Hingga satu titik, roh kudus bekerja dan itu bekerja waktu aku mau pergi ke salat tarawih. Itu aku duduk sama temen-temen ngobrol. Temen aku ada yang ngomong, ‘Kan lu dulu orang Kristen. Tapi ngerti-ngerti dikit? Katanya orang Kristen itu Tuhannya juru selamat? Tapi kok, sorry ya, kok raja lahir di kandang domba, ditempat hewan, padahal katanya raja’,” kata Ilham Idol, dikutip dari YouTube Lusy Daiva Channel.

Ilham Idol pun seolah tersadar dengan pertanyaan itu. Ia langsung pulang ke rumah dan mengingat perkataan ayahnya, yang seorang pendeta, untuk tidak pernah kehilangan Yesus.

“Sepanjang jalan aku nangis. Papa kan pernah bilang, ‘kamu gapapa kehilangan segalanya. Tapi jangan pernah kehilangan Yesus’. Aku teringat lagi perkataan papa. Percuma aku naik mobil, punya segalanya, tapi kehilangan Yesus, tapi kehilangan jalan kebenaran,” imbuhnya.

Putuskan kembali ke Kristen

Ilham Idol/Ilham Baso

Ilham Idol/Ilham Baso

Photo :
  • Instagram @ilhamsongwriter

Sesampainya di rumah, Ilham Idol meminta maaf kepada ayahnya sekaligus mengakui dosa-dosanya karena sempat menyangkal Yesus sehingga pindah agama. Ayahnya yang berprofesi sebagai pendeta itu memaafkan Ilham.

Sampe rumah, aku bilang ke papa aku, ‘Pa aku minta ampun. Aku mengaku dosa-dosaku. Terus papa aku cuman peluk, dia bilang, ‘gapapa, semua orang pasti buat kesalahan. Tapi harus belajar dari kesalahan itu’. Dan akhirnya pelukan,” tandasnya.

Dari situ, Ilham Idol memutuskan untuk kembali memeluk agama Kristen. Ia mengaku hancur mempermainkan Yesus selama 5 tahun karena pindah agama.

Aku merasa dihujani meteor perasaan hancur selama ini bertahun-tahun selama 5 tahun aku permainkan Tuhan. Tinggalin Tuhan. Di situlah, aku mau serius ikut Tuhan kembali. Kembali ke Tuhan. Ya udah, carilah gereja yang ada komunitasnya. Di situ aku dibaptis dan aku ikut Indonesian Idol,” ucap Ilham Idol.