4 Hal Tentang Reza Arap Pindah Agama, Kini Berlabuh di Buddha

Reza Arap.
Reza Arap.
Sumber :
  • instagram @ybrap

VIVA Showbiz – Reza Arap adalah seorang konten kreator, penyanyi, streamer, dan aktor asal Indonesia. Perjalanan Reza Arap untuk meyakini sebuah agama sepertinya harus menempuh arus yang panjang dan tentu tidak mudah. Diketahui, ia terlahir dari seorang ibu yang beragama Islam dan dia juga terlahir sebagai seorang umat muslim. 

Meski begitu, ia pernah membuat geger publik karena membocorkan identitasnya termasuk keyakinannya. Ia secara gamblang menyebutkan sebagai seorang atheis padahal sebelumnya ia diketahui masih menganut agama Islam. Untuk itu, berikut ulasan tentang Reza Arap pindah agama seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Terlahir Sebagai Muslim

Reza Arap.

Reza Arap.

Photo :
  • instagram @ybrap

Reza Arap lahir dari orang tua beda agama. Sang ibu diketahui menganut agama Islam, sedangkan ayahnya adalah Kristen. Lantaran hidup terpisah dengan mendiang ayahnya, Reza Arap akhirnya tumbuh dengan ajaran Islam, sesuai keyakinan sang ibu. 

2. Soal Nama Muhammad

Reza Arap

Reza Arap

Photo :
  • IG @ybrap

Reza Arap juga secara gamblang sudah menghapus nama Muhammad pemberian sang ibunda dari namanya. Dengan demikian, suami selebgram Wendy Walters ini kini hanya memiliki nama lengkap Reza Oktavian. 

“Aku merasa terbebani dengan nama itu. Apalagi dengan segala yang ada di tubuh (tato), perilaku, hingga pekerjaan aku. Sebenarnya, aku merasa tidak layak saja menerima nama itu,” tutur Reza Arap seperti dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier. 

3. Sempat Atheis

Reza Arap dan Wendy Walters

Reza Arap dan Wendy Walters

Photo :
  • IG @wendywalters

Meski dibesarkan dalam ajaran Islam, Reza Arap justru menempuh pendidikan dari TK sampai SMA di sekolah berbasis Kristen. Hal ini yang pada akhirnya membuat dia belajar dua agama sekaligus, Islam dan Kristen. Setelah mulai beranjak dewasa, dia mulai mempelajari dua agama lain, yaitu Hindu dan Buddha

Akan tetapi, dalam perjalanannya untuk mempelajari agama-agama tersebut, dia malah tidak merasakan kehadiran Tuhan dalam kehidupannya. Alasan tersebut yang membuat Reza Arap ini memutuskan untuk menjadi atheis atau tidak meyakini kehadiran Tuhan. 

4. Pilih Agama Buddha

Reza Arap.

Reza Arap.

Photo :
  • Instagram/ybrap

Perjalanan Reza Arap untuk mencari agama kemudian berlabuh di agama Buddha. Keputusan ini dipilih sang YouTuber ketika menikah dengan Wendy Walters di Bali, pada Januari 2021. 

“Karena Budha yang paling sesuai dengan prinsip aku. Bersikap baik ke semua orang. Ya semua agama mengajarkan itu. Tapi Budha saklek di bagian itu,” ucap Reza Arap.