Terkuak Agama Haruka eks Member JKT48, Berdoa Satu Tahun Sekali?

Haruka Nakagawa
Sumber :
  • Instagram @haruuuu_chan

VIVA Showbiz – Eks member JKT48 Haruka Nakagawa memang kariernya sangat moncer di Indonesia. Beberapa kali kesempatan saat menghadiri acara, ia selalu mengatakan jika kariernya lebih melejit di Indonesia dibanding Jepang.

Zee JKT48 Lulus! Ini Pesan Haru untuk Penggemar dan Rencana Masa Depannya

Oleh sebab itu, ia ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan jodoh orang Indonesia.

Agama Haruka

Ungkap Fakta di Balik Ultah Vidi Aldiano, Deddy Corbuzier: Lo Sehat Terus Ya

Haruka dan Nabila eks JKT48

Photo :
  • Tangkapan layar

Beberapa waktu lalu, ia dan Nabilah Ayu eks member JKT48 hadir di podcast Deddy Corbuzier bersama komika Gilang Bhaskara. Obrolannya tersebut bikin gelak tawa hingga bingung. 

Gegara Temenan Sama Vidi Aldiano, Deddy Corbuzier Akui Hidupnya Berubah

Salah satu yang menarik dari obrolan tersebut yaitu tentang agama Haruka yang katanya berdoa hanya satu tahun sekali.

Haruka agamanya Shinto,”kata Deddy Corbuzier.
Iya aku Shinto,”jawab Haruka.

Nabilah yang berada didekatnya itu mengatakan jika agama Haruka Nakagawa tergantung pada suaminya nanti. Hal ini lantaran Haruka ingin jadi WNI.

Deddy dan Gilang pun berujar jika saat ini, menikah di Indonesia tidak harus menikah dalam agama yang sama. Beda agama pun sudah diperbolehkan. Namun, Haruka tetap menginginkan saat menikah nanti agamanya tetap sama dengan pasangannya.

Harus satu agama pengennya gitu,”ujar Haruka.

Berdoa hanya satu tahun sekali

Haruka dan Nabila eks JKT48

Photo :
  • Tangkapan layar

Deddy Corbuzier menegaskan jika nikah beda agama tidak masalah. Bahkan, untuk agama yang dianut Haruka ini menurutnya tidak diperdebatkan.

Shinto kan gak papa. Shinto berdoa cuman satu tahun sekali,”kata Deddy.
Iya bener. Pas 1 Januari sama kalau ada kebutuhan, kita datang ke kuil kita doa,”jawab Haruka.
Jadi kalo kita misal lagi hamil, pengen punya anak yang baik gitu, kita baru doa kesana,”imbuhnya.
Berarti berdoa kalo ada maunya,”timpal Gilang.
Iya doa semaunya,”jawab Haruka.

Haruka mengungkapkan jika setiap orang memiliki perbedaan cara berdoanya. Haruka mengaku jika dirinya berdoa di kuil. Namun saat di Indonesia, ia hanya berdoa saja tanpa datang ke kuil tersebut.

Tergantung orang sih. Kalau aku sih biasanya ya kuil aja. Doa yang satu tahun sekali. Jadi gitu aja kalau aku,”jelas Haruka.

Kuil yang ada di Jepang, ternyata mirip dengan kuil agama Budha. Diketahui jika kebanyakan masyarakat Jepang menganut agama Shinto, kemudian baru agama Budha. Agama Shinto dianggap sebagai agama asli Jepang.

Mantan member JKT48 mengaku jika orang Jepang meninggal makammnya seperti makam Budha. Untuk orang yang menikah, mereka menggelar pernikahan di Gereja dan yang menikahkan adalah seorang Katolik.

Kalau di Jepang, ada orang meninggal, makamnya kayak Budha gitu. Kalau nikah di Gereja,”ungkap Haruka.

Kendati demikian, ada juga masyarakat Jepang yang menikah di kuil. Menurutnya, orang yang menikah di kuil tersebut sangat kental dengan agama Shinto.

Itu kayak Shinto banget,”jawab Haruka.

Nabilah pun memperjelas perkataan Haruka, yang disebut ‘Shinto banget’ tersebut bisa dikatakan orangnya yang sangat sholeh jika di agama islam. Haruka juga mengatakan jika pemilik agama Shinto diperbolehkan memilih tempat dimana ia di nikahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya