Terkuak, Lagu Ahmad Dhani Ini Ternyata Dibeli dari Musisi Luar

Ahmad Dhani
Sumber :
  • Instagram @ahmaddhaniofficial

VIVA showbiz – Ahmad Dhani merupakan salah satu musisi legendaris di Indonesia yang sudah memiliki banyak karya di industri musik Tanah Air. Banyak juga lagu-lagunya yang menjadi hit didengar publik. Namun, beberapa karya Ahmad Dhani kerap diduga melakukan plagiat dari musisi luar. 

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Ternyata, usut punya usut Ahmad Dhani bukan melakukan plagiat, melainkan memang membeli lagu tersebut dari musisi luar dan mengganti liriknya menjadi bahasa Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi bintang tamu dalam acara Satu Jam Lebih Dekat di tvOne yang baru diunggah di kanal YouTube tvOneNews pada 22 Maret 2022. 

Ahmad Dhani

Photo :
  • Instagram @ahmaddhaniofficial
Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Pada saat itu, diputarkan lagu Stephen Simmonds, musisi Swedia yang berjudul “Tears Never Dry”. Lagu itu disebut memiliki kemiripan dengan lagu milik Ahmad Dhani yang dinyanyikan oleh Chrisye berjudul “jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada”. Sang pendiri Republik Cinta Management (RCM) tersebut pun langsung mengakui bahwa lagunya memang mirip karena ia telah membeli copyright dari lagu tersebut.

“Bukan mirip ya, itu 100 persen sama,” ungkap Dhani yang dikutip VIVA pada Rabu, 24 Agustus 2022. 

Shopee Rilis Iklan Terbaru Garansi Tepat Waktu, Dibintangi Penyanyi Kenamaan Vidi Aldiano

Setelah lagu dari musisi Swedia itu keluar, Dhani mengaku membeli copyright-nya untuk kemudian diganti liriknya ke dalam bahasa Indonesia saat ditanya oleh sang pembawa acara apakah ia mendengar lagunya terlebih dahulu atau tidak. 

“Bukan sempet denger dong kita kan beli rights-nya. Kita beli rights untuk menggantikan lirik,” ungkapnya lagi. 

Ahmad Dhani di HUT ANTV ke-29.

Photo :
  • ANTV

Itu adalah lagu pertama yang ia beli, masih ada lagi lagu musisi luar lainnya yang ia beli yakni yang saat ini dinyanyikan oleh sang istri Mulan Jameela berjudul “Cinta Mati II” dari Sergio Mendes. 

“Jadi, itu hal pertama yang saya lakukan, hal berikutnya adalah lagunya Mulan yang Cinta Mati II itu dari lagunya Sergio Mendes,” ujar Dhani. 

“Itu juga beli rights-nya,” lanjutnya. 

Ayah dari Al, El dan Dul ini mengaku bahwa dirinya menjadi musisi Indonesia pertama yang membeli lisensi lagu dari musisi lain. Barulah setelah itu banyak musisi lainnya yang mengikuti jejaknya. 

“Dan itu ditiru sekarang, sekarang lagi tren. Pertama kali di Indonesia itu saya yang melakukan,” kata pelantun Kamu Kamulah Surgaku itu. 

Personel Dewa 19 itu juga mengaku bahwa ada tiga lagu dari musisi luar negeri yang ia beli untuk diganti liriknya saat ditanya ada berapa lagu yang ia beli. 

“Tiga lagu,” ungkap Dhani. 

Pertama lagu dari Steven Simons yang diganti menjadi “Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada”. Kedua, lagu Cinta Mati II Mulan Jameela dari Sergio Mendes dan yang ketiga Cinta Mati III Mulan Jameela dari Michael English.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya