Makin Panas, dr Richard Lee Dilaporkan Persatuan Dukun ke Polisi

Richard Lee
Sumber :
  • IG @dr.richard_lee

VIVA Showbiz – Heboh perseteruan dukun Indonesia dengan dokter Richard Lee kian memanas. Kini, Pengacara Firdaus Oiwobo yang mewakili Persatuan Dukun se-Indonesia melaporkan pakar kecantikan itu ke Polda Metro Jaya.

Tegas! Jawaban Ustaz Khalid Basalamah dan Buya Yahya soal Hukum Percaya pada Ramalan

Pada 23 Agustus lalu, sang pengacara menuduh dokter Richard telah melanggar dua pasal yaitu UU ITE Pasal 28 ayat 2 dan Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 A.

Dokter Richard Lee sempat mengundang Firdaus dan Muhammad Salim Jindan Al Habsyi yang mengaku sebagai cicit Mbah Priok ke acara podcast YouTubenya yang diunggah pada 17 Agustus lalu.

3 Orang Paling Sakti daripada Dukun Menurut Ustaz Felix Siauw, Siapa Saja?

dr. Richard Lee.

Photo :
  • Instagram @dr.richard_lee

Dari sanalah perlakuan dokter Richard dianggap telah merugikan anggota organisasi para dukun terutama Jindan.

dr Richard Lee Beberkan Penghasilannya yang Sentuh Rp41 Miliar Dalam Sehari

Firdaus Oiwobo tidak hanya mengajukan laporan atas dokter Richard karena merasa dirugikan. Ia juga mempertanyakan podcast dokter Richard yang seharusnya memiliki izin dari lembaga penyiaran seperti media massa.

"Seharusnya dokter RL (Richard Lee) ini sebagai media, yang pertama harus punya perusahaan. Harus terdaftar di Dewan Pers, ada diklat-diklat dari kemenkominfo, ada sertifikat wartawan sesuai dengan UU 40 thn 1989. Ini podcastnya ada ngga?" kata Firdaus Oiwobo mempertanyakan, dikutip dari YouTube Sambel Lalap, Sabtu 27 Agustus 2022.

Firdaus Oiwobo berpendapat bahwa membuat podcast adalah hak siapapun selama tidak merugikan pihak lain. Menurut Firdaus, dokter Richard cenderung mendukung Pesulap Merah sehingga menjatuhkan organisasi dukun Indonesia.

"Kan saya bilang, membuat podcast boleh-boleh saja selama tidak menjatuhkan kredibilitas orang. Tapi ketika podcast itu sudah masuk ke arah delik, nah ini yang bahaya. Dia harus menunjukkan hal legal standing dia, apakah punya PT dan sebagainya," kata Firdaus Oiwobo.

Firdaus menberikan peringatan kepada dokter Richard karena kali ini tidak bisa berlindung dengan alasan bahwa ia bukan bagian dari jurnalis. Namun keputusan tetap diserahkannya kepada pihak pengadilan.

Dokter Richard Lee di Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

"Enggak bisa dong, pewarta itu enggak ada (alasan) kesepakatan (dengan narasumber)," ujar Firdaus Oiwobo.

"Tapi itu nanti ada penilaian khusus saat gelar perkara. Saksi ahli dipanggil," sambungnya.

Dalam podcast YouTube nya, dokter Richard Lee mengupas hal-hal perdukunan hingga muncul beberapa perdebatan karena ketidaksesuaian dengan ilmu ilmiah. 

Seperti saat Jindan yang mengaku kebal ditembak, namun ia menolak ketika dokter Richard menantangnya ditusuk dengan jarum suntik. Netizen lantas memberikan kritik dan komentar pedas kepada para dukun itu.

Selain itu, dokter Richard juga membuat sebuah sayembara bagi seluruh dukun di Indonesia yang bisa membuktikan ilmunya dengan kebal ditusuk pisau bedah. Dokter Richard siap memberikan hadiah hingga Rp100 juta.

dr Richard Lee

Photo :
  • IG @dr.richard_lee

Tidak berhenti di situ, sayembara lain juga dibuat oleh dokter Richard dengan hadiah yang lebih fantastis yaitu uang Rp1 miliar dan pekerjaan di klinik kecantikannya dengan gaji Rp100 juta per bulan.

Dokter Richard menantang para dukun dan siapapun yang bisa membuktikan ilmunya memindahkan penyakit ke hewan. Tidak begitu sulit, dokter Richard hanya minta dukun yang bisa memindahkan jerawat dari manusia ke seekor kambing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya