Putri Candrawathi Pakai Baju Putih saat Rekonstruksi, Apa Maknanya?

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dalam rekonstruksi
Sumber :
  • TV Polri

VIVA Showbiz – Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, hadir dalam rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di Duren Tiga, Jakarta, Selasa 30 Agustus 2022. Penampilannya menuai sorotan lantaran memakai masker putih dan pakaian juga yang serba putih. Apa makna dari warna putih yang dipakainya?

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Selain Putri Candeawathi, empat tersangka lain juga melakukan reka ulang kejadian demi kejadian di rumah dinas hingga rumah pribadi Ferdy Sambo.

Putri Candrawathi terlihat berpakaian serba putih dan memegang kertas bertuliskan namanya sebagai tersangka.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Hal tersebut menuai sejumlah tanda tanya akan maksud dari pakaian serba putih tersebut. Benarkah untuk menunjukkan bahwa Putri Candrawathi tak bersalah?

Tersangka Ferdy Sambo bersama istrinya, tersangka Putri Candrawathi

Photo :
  • (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU)
Sederet Kontroversi Pendeta Gilbert, Olok-olok Salat hingga Pakai Jam Harga Fortuner

Dikutip dari berbagai sumber, warna putih dapat memiliki konotasi positif dan negatif. Warna yang paling murni ini, putih, sering dikaitkan dengan pernikahan dalam budaya barat.

Pengantin wanita yang mengenakan gaun putih seharusnya melambangkan keperawanan pengantin wanita. Warna putih seolah menyampaikan kebersihan, kemurnian, kepolosan, dan kesempurnaan.

Tak hanya itu, warna putih menunjukkan ketenangan dan juga menyegarkan. Ini memurnikan, menyederhanakan dan memberikan kejernihan pikiran.

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dalam rekonstruksi

Photo :
  • TV Polri

Umumnya dianggap positif, warna putih juga membangkitkan semangat, menawarkan ketenangan suasana hati dan pengaturan mental. Namun, di sisi negatifnya, itu bisa dianggap hambar, dingin, terlalu klinis dan terkadang tidak ramah

Bahkan di China, putih dipandang sebagai warna sial. Putih mewakili unsur logam dan melambangkan kecerahan, kemurnian, dan pemenuhan dalam budaya Tiongkok.

Ini juga merupakan warna resmi berkabung dan di China "acara putih" menunjukkan pemakaman. Orang Cina kuno mengenakan pakaian dan topi putih hanya ketika mereka berduka atas kematian.

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dalam rekonstruksi

Photo :
  • TV Polri

Dalam fashion, warna putih sering digunakan untuk membangkitkan rasa kemurnian, kepolosan, kesegaran, atau kebersihan. Karena putih memantulkan cahaya, sering dipakai di musim panas untuk membantu tetap sejuk.

Namun, itu juga memiliki reputasi cepat kotor atau ternoda, yang berarti tidak ideal dalam situasi di mana seseorang akan menghabiskan waktu untuk aktif atau melakukan pekerjaan fisik.

Satu studi tentang preferensi warna orang dewasa menunjukkan bahwa dari total 18 warna, termasuk tanpa preferensi, putih hanya menempati peringkat kelima belas sebagai warna favorit secara keseluruhan.

Studi tersebut mengungkap bahwa pemilihan warna putih juga sebagai peringkat nomor satu untuk membangkitkan suasana hening dan konsentrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya