UAS Jawab Soal Jodoh Dalam Tayangan Podcast Daniel Mananta

Ustaz Abdu Somad dan Daniel Mananta
Sumber :
  • YouTube Daniel Mananta

VIVA Showbiz – Presentar Daniel Mananta menghadirkan Ustaz Abdul Somad atau UAS sebagai tamu dalam podcastnya di kanal YouTube Daniel Mananta Network, belum lama ini. 

4 Pasangan Zodiak Ini Dianggap Cocok Untuk Cinta Abadi, Siapa Saja Mereka?

Ini adalah pertama kalinya Daniel ngobrol dengan UAS, dan tayangan terbagi dalam lima bagian. Salah satu yang menarik perhatian adalah mengenai jodoh.  Dalam tayangan itu Daniel yang beragama non muslim menyatakan tentang jodoh yang dibacakannya melalui handphone

"Di Alquran ada ayat yang menerangkan bahwa laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik, dan sebaliknya. Itu bagaimana sih maksudnya," tanya Daniel. 

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah

"Laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik, lalu dia baca terjemahannya, laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik lalu dia merasa, akukan sudah baik kok istriku tidak baik. Jadi Alquran ini gak benar, itulah perlunya baca tafsir, kronologis ayat itu turun bagaimana," kata UAS.

Jadi saat Nabi Muhammad SAW dan sahabat pindah dari Mekkah ke Madinah, ada sahabat yang mau menikah dengan perempuan WTS, lalu turun ayat ini.

Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku

"Kalau kamu menikah, carilah perempuan yang baik, jangan dengan WTS yang belum taubat. Tapi kalau dia sudah taubat, dan memperbaiki imannya. Maka semua perbuatan dosa dimasa lalu sudah diganti Tuhan karena kasih sayangnya dengan kebaikan-kebaikan."

"Jadi arti ayat itu, kalau kamu baik, carilah yang baik. Kalau yang baik nikah dengan yang baik. Lalu yang tidak baik bagaimana, ya nanti diselamatkan dengan dakwah."

Dalam kesempatan itu UAS juga menjelaskan mengenai pernikahan dalam adat Minangkabau, seperti yang ditanyakan salah satu crew Daniel Mananta. 

"Melakukan hubungan sedarah itu tidak baik, semakin jauh hubungan semakin baik. Dan kita bagus, dari Jawa menikah dengan orang Batak dari mas menjadi tulang," kata UAS disambut tawa Daniel.

Sebenarnya larangan itu, sebenarnya, adalah bahwa menikah dengan orang jauh. Hanya saja peletakan katanya apakah anjuran atau haram, dan diajurkan menikah dengan orang jauh. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya