5 Artis Korea Jago Berbahasa Indonesia, Ada yang Dapet Nama Lokal

Siwon
Sumber :
  • U-Report

VIVA Showbiz – Ternyata ada beberapa artis Korea yang jago berbahasa Indonesia. Sebagian dari mereka belajar bahasa Indonesia lantaran ingin berkomunikasi dengan para penggemar di Tanah Air. Sementara sebagian yang lain mempelajari bahasa Indonesia lantaran tuntutan pekerjaan di dunia hiburan Korea Selatan. 

SMASH Anniversary ke-14 Penampilannya Bikin Kaget Fans, Bisma: Kami Tidak Tenggelam

Namun, apapun alasan mereka mempelajari bahasa Indonesia patut untuk diacungi jempol. Sebab, belajar bahasa Indonesia yang mungkin cukup jarang mereka dengarkan akan sulit untuk dipelajari. Nah, berikut adalah ulasan mengenai artis Korea yang jago berbahasa Indonesia seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Son Eun Seo

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

Eunseo WJSN.

Photo :
  • Soompi

Aktris cantik yang bernama Son Eun Seo mendapat dialog singkat menggunakan bahasa Indonesia dalam drama Voice 3, pada tahun 2019 silam. Dalam sebuah adegan, Park Eun Soo (Son Eun Seo) turut mengintrogasi Pertiwi (Yannie Kim) karena kasus pembunuhan. 

BIG RECORDS ASIA dan JQ COMPOSEY Rilis Lagu Selamat Lebaran by CEVKEVIN, Tonjolkan Vibes Indie Band

"Pertiwi, kamu harus ingat ibumu di Indonesia. Ibu dan adik-adikmu. Ingat keluargamu," kata Son Eun Seo dengan pengucapan yang cukup fasih. Kala itu, penonton dari Tanah Air cukup heboh dengan keberadaan dialog bahasa Indonesia itu. 

2. Haechan dan Doyoung NCT 127

NCT 127 Doyoung dan Haechan.

Photo :
  • YouTube/NCT Music

Dua member NCT 127 ini pernah membuat heboh para penggemar di Indonesia ketika dia mengcover lagu berjudul Cinta Luar Biasa milik Andmesh Kamaleng yang dirilis pada Oktober 2017 silam. Bukan diterjemahkan ke dalam bahasa Korea, Haechan dan Doyoung justru bernyanyi lagu sepenuhnya dalam bahasa Indonesia. Hingga akhirnya penggemar berdecak kagum. 

3. Choi Siwon

Choi Siwon.

Photo :
  • Twitter/siwonchoi

Para member Super Junior (Suju) memang dikenal dekat dengan para penggemar di Indonesia. Masing-masing dari mereka bahkan memiliki nama Indonesia sendiri, seperti Choi Siwon yang sering disapa Mas Agung. Melalui akun Twitter, dia bahkan sering menyapa penggemarnya dengan menggunakan bahasa Indonesia. 

Artis Korea satu ini berbicara menggunakan bahasa Indonesia terlihat saat mempromosikan kanal YouTube pribadinya melalui Twitter pada Juni 2020 lalu “Subscribe, pencet like juga,” tulisnya. Bukan hanya itu saja, unggahan itu juga disertai dengan meme lucu yang bertuliskan, “Maju lo sini”.

4. Ryeowook Super Junior

Ryeowook, anggota termuda boyband Super Junior.

Photo :
  • dok. instagram @kimryeowooksuju

Bila Siwon akrab disapa Mas Agung, lain dengan Ryeowook Super Junior yang akrab disapa Krisna. Dia pernah mengejutkan ELF Indonesia dengan mengcover lagu berjudul Maafkan Aku #TerlanjurMencinta yang dipopulerkan Tiara Andini. Video cover ini diunggah lewat kanal YouTube pribadinya pada 1 Maret 2021. 

Seperti Haechan dan Doyoung NCT 127, Ryeowook juga memilih bernyanyi lagu tersebut dalam bahasa Indonesia ketimbang diterjemahkan ke dalam bahasa Korea. Menariknya lagi, dia membawakan lagu tersebut dengan pelafalan yang cukup fasih dan jelas. 

5. Hyeyeon SNSD

Aksi Hyeyeon SNSD di hitungan mundur Asian games 2018

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Pada tahun 2018 silam, Hyeyeon SNSD pernah bertandang ke Indonesia dan mengungkapkan perasaannya melalui akun Instagram. “See you (sampai jumpa) #Indonesia. Saya senang sekali. Mari bertemu lagi ya. Sampai bertemu lagi,” tulis idol yang dikenal sebagai female disk jockey itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya