Jatuh Bangun Bisnis Melati Eks JKT48 Hingga Diapresiasi Sandiaga Uno

Melati eks JKT48
Sumber :
  • Instagram @melati.sesilia

VIVA Showbiz – Mantan member JKT48, Melati Sesilia kini jadi sorotan publik. Tak lagi terjun ke dunia entertainment, kini ia seorang pebisnis. Melati memiliki bisnis nasi bakar yang kini di gandrungi para pecinta kuliner.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Diapresiasi Sandiaga Uno

Melati eks JKT48 dan Sandiaga Uno

Photo :
  • Tangkapan layar
10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Rupanya sosok Melati ini disorot Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dalam acara bertajuk Pameran Apresiasi Indonesia 2022 di Kota Jambi, Sandiaga Uno dan Melati berbincang-bincang soal bisnis. Sandiaga pun mengapresiasi Melati untuk memutuskan sebagai pebisnis.

“Kemarin di acara @apresiasikreasiindonesia Kota Jambi, kita bisa belajar banyak dari kegigihan Mba @Melati.sesilia mantan personel @jkt48 yang memutuskan untuk menjadi pengusaha,”kata Sandiaga Uno dikutip dari instagramnya.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Sandiaga Uno berharap genarasi Z dan kaum milenial terinspirasi oleh Melati dan mulai berbisnis.

“Waaah patut dicontoh ni buat temen-temen Millenial dan Gen Z, jadi wirausaha itu halal, tidak merugikan orang lain, juga buat pribadi jadi makin mandiri, tidak ada kata terlambat, coba dipikir-pikir lagi yaa,”sambungnya.

Di era digital ini, memang semua orang memanfaatkan tekhnologi yang sudah canggih. Seperti halnya dalam berbisnis, bisa dipasarkan atau dipromosikan lewat media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

“Apalagi cara promosi saat ini mudah sekali lewat digitalisasi media sosial. Bermodal handphone dan kuota yang cukup Mba Melati menarik calon pelanggan nasi bakarnya melalui live di platform media sosial Tik Tok,”tutupnya.

Awal jualan sepi

Melati eks JKT48

Photo :
  • Tangkapan layar

Dalam bincang-bincang tersebut, Melati mengaku tak merasa malu saat memulai usaha nasi bakarnya di pinggir jalan. 

"Aku juga kuliahnya jurusan bisnis manajemen, terus aku bikin usaha sendiri kan keren banget, aku masih muda juga. Jadinya setelah aku mikir kaya gitu, udah tau aku gak bakal malu ya aku jalanin," kata Melati.

Awal jualan nasi bakar tersebut hanya laku sekitar 3 hingga 7 porsi. Namun kemudian ia iseng live TikTok, dari situlah awal mula banyak pelanggan dan kini nasi bakar yang dijalani Melati eks member JKT48 banjir orderan.

“Nah waktu itu, jadi jualan aku itu pinggir jalan kan kaki lima. Nah aku tuh baru buka itu malem jam 5 sampai jam 12 atau jam 1 malem. Waktu awal aku jualan tuh lakunya cuma 3 porsi nasi bakar, 7, 11 gitu. Sampai akhirnya aku iseng kayak aku live TikTok aja deh gitu. Kan banyak tuh orang-orang yang live TikTok. Aku iseng live TikTok karena juga siapa tahu bisa waktunya cepet berjalan gitu karena nggak ada yang beli juga. Akhirnya aku live TikTok dan dari situlah bibit-bibit unggul nasi bakar ini mulai muncul,”ucapnya.

Viral di media sosial

Lapak nasi bakar Melati eks member JKT48

Photo :
  • Tangkapan layar

Beberapa bulan lalu, media sosial dihebohkan dengan sosok Melati mantan member JKT48 yang jualan nasi bakar di pinggir jalan. Namanya viral di TikTok karena ia melakukan live TikTok sambil berjualan.

Warganet pun sempat tak mengira jika sosok cantik yang berjualan nasi bakar tersebut adalah mantan member JKT48. Mulai dari berjualan di pinggir jalan, kini lapak dagangannya pindah tempat yang lebih luas.

Tak hanya berjualan nasi bakar, ia juga menyajikan beberapa minuman. Memiliki tempat yang luas depan ruko, para pengunjung bisa menikmati nasi bakar di tempat.

Merintis bersama sang ibu

Melati eks JKT48

Photo :
  • TikTok @melati.sesilia

Dikutip dari VIVA, bisnis nasi bakar ini ia rintis bersama sang ibu. Ia menamakan nasi bakar “Kuali Kuning”. 
Ketika ditanya soal alasannya memutuskan menjual nasi bakar, Melati menjawab bahwa ia ingin menjual sesuatu yang beda. Menurutnya, nasi bakar buatan ibundanya enak dan berjualan nasi bakar merupakan sesuatu yang tidak umum. 

“Karena sebenernya kayak nasi bakar buatan mama enak, jadi aku pikir jualan ayam kan udah mainstream banget nih. terus yaudahlah nasi bakar aja,” jelas Melati pada kanal YouTube Boengkoes dikutip VIVA.

Dicicipi para artis

Nagita Slavina cicipi nasi bakar Melati eks member JKT48

Photo :
  • Tangkapan layar

Para selebgram, vlogger, hingga artis sudah pernah mencicipi nasi bakar yang dikelola Melati ini. Nagita Slavina, pernah mencicipi nasi bakar buatannya dan datang langsung ke lapak jualannya. Selain itu, Feni Rose juga pernah mencicipi nasi bakarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya