Profil Ratu Elizabeth II, Penguasa Inggris Paling Lama Berkuasa

Ratu Kerajaan Inggris Elizabeth II
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA ShowbizRatu Elizabeth II meninggal dunia. Dia tutup usia 96 tahun pada 8 September 2022 waktu setempat sebagaimana dilansir dari The Guardian. Hal tersebut disampaikan pihak Istana Buckingham.

Kate Middleton Juga Diduga Edit Foto Ratu Elizabeth Bersama Cucunya

“Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral pada petang ini. Upacara bagi raja dan ratu akan diadakan di Balmoral malam ini dan akan dibawa ke London pada besok hari,” disampaikan dalam pernyataan Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth II yang bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary, lahir di London pada 21 April 1926. Ayahnya adalah Pangeran Albert, anak kedua dari Raja George V dan Ratu Mary yang kemudian menjadi Raja George VI.

Pangeran Harry dan Meghan Markle Bikin Murka Keluarga Kerajaan Lagi

Raja George VI merupakan Raja Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara dari 1936 hingga 1952, serta Maharaja India dari 1936 hingga 1947.

Sedangkan ibunya adalah Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon (kemudian lebih dikenal sebagai Ratu Elizabeth, Ibu Suri), putri bungsu dari bangsawan Skotlandia bernama Claude Bowes-Lyon.

Rahasia Pernikahan Langgeng Pangeran William dan Kate Middleton, Ternyata Mengejutkan

Ratu Elizabeth II memiliki seorang saudara perempuan, yaitu Putri Margaret, yang usianya empat tahun lebih muda dari usianya. Keduanya dididik di rumah dengan pengawasan dari ibu dan pengasuh mereka, Marion Crawford atau "Crawfie".

Ratu Elizabeth II saat berada di Thames Hospice, Maidenhead

Photo :
  • Kirsty O

Elizabeth menempuh pendidikan secara privat dan menjadi penerus takhta Pemimpin Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran (Commonwealth Realms) sejak 6 Februari 1952.

Upacara penobatannya dilaksanakan pada tahun 1953 dan merupakan upacara penobatan pertama yang disiarkan melalui televisi.

Elizabeth bertemu dengan calon suaminya, Pangeran Philip dari Yunani dan Denmark pada tahun 1934 dan 1937. Mereka berdua merupakan sepupu dalam garis kedua berdasarkan silsilah Raja Christian IX dari Denmark dan sepupu ketiga dalam garis Ratu Victoria.

Ratu Inggris Elizabeth II

Photo :
  • Instagram Emmanuel Macron

Elizabeth dan Philip menikah pada tanggal 20 November 1947 di Westminster Abbey. Mereka berdua menerima 2500 hadiah pernikahan dari para tamu dan undangan di seluruh dunia.

Elizabeth melahirkan anak pertamanya, Pangeran Charles, pada tanggal 14 November 1948.

Satu bulan sebelumnya, Raja telah mengeluarkan surat paten yang mengizinkan putra dan putri Elizabeth untuk menggunakan gelar pangeran atau putri kerajaan meskipun Elizabeth belum naik takhta. Anak kedua mereka, Putri Anne, lahir pada tahun 1950.

Sejak tahun 1956 hingga 1992, jumlah Alam Persemakmuran nya bervariasi dan beberapa wilayah merdeka bertransformasi menjadi negara republik.

Ratu Elizabet II ketika menerima Liz Truss di Kastil Balmoral, Skotlandia

Photo :
  • ane Barlow/Pool Photo via AP

Elizabeth secara tidak terduga didaulat menjadi penerus takhta berikutnya, usai sang paman Edward VIII, melepaskan takhtanya.

Saat ini, selain empat negara pertama yang disebut di atas, Elizabeth juga merupakan Ratu dari Jamaika, Bahama, Grenada, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Tuvalu, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Belize, Antigua dan Barbuda, serta Saint Kitts dan Nevis.

Ratu Elizabeth II tercatat sebagai Ratu penguasa Inggris yang paling lama berkuasa.

Masa pemerintahannya selama 70 tahun merupakan masa pemerintahan terlama dalam sejarah Monarki Britania Raya melampaui masa pemerintahan nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun.

Kini, Pangeran Charles yang merupakan putra Ratu Elizabeth II saat ini berusia 73 tahun dan akan menjadi Raja Inggris, yang direncanakan bakal diangkat di St Jame’s Palace London secepat mungkin.

Diketahui sebelumnya bahwa kondisi kesehatan Ratu Elizabet memburuk dalam sehari terakhir sehingga harus dalam perawatan intensif. Dia sedang menghabiskan musim panas di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Hari ini seluruh keluarga kerajaan berkumpul di Balmoral.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya