Pangeran Charles Naik Tahta Raja, Bagaimana Gelar Camilla?

Pangeran Charles dan Camilla.
Sumber :
  • Instagram @clarencehouse

VIVA Showbiz – Kesedihan tengah menyelimuti keluarga kerajaan Inggris. Pada Kamis petang 8 September waktu Inggris, Istana Buckingham mengumumkan kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II. Kepergian Ratu Elizabeth II yang telah memimpin kerajaan selama 70 tahun lebih diketahui akan digantikan oleh putra sulungnya yakni Pangeran Charles.

Pangeran Harry Mau Jalani Tugas Kerajaan Lagi, Tapi Minta Syarat Ini

Di tengah kabar akan kenaikan tahta Pangeran Charles menjadi Raja Charles III, publik dibuat penasaran dengan status dari Camilla. Camilla diketahui memiliki banyak nama dan gelar.

Dia terlahir sebagai Camilla Shand dan menikah dengan Andrew Parker Bowles, saat menikahi mantan suaminya kala itu, namanya menjadi Camilla Parker Bowles.

Pangeran William Gantikan Tugas Raja Charles Selama Masa Pengobatan Kanker

Camilla Parker Bowles

Photo :
  • The List

Kemudian, ketika dia menikah dengan Pangeran Charles pada 2005, dia menyandang gelar Duchess of Cornwall. Alasan dia tidak diberi gelar sebagai Putri Wales lantaran untuk menghormati mendiang Putri Diana.

Baru Saja Didiagnosis Kanker, Ini Riwayat Kesehatan dan Penyakit Raja Charles III

Lantas gelar apa yang akan disanding oleh Camilla setelah Pangeran Charles naik tahta?

Menurut Daily Star (per Sunday Times), dikabarkan bahwa Pangeran Charles ingin istrinya disebut queen consort atau permaisuri, yang merupakan gelar yang biasanya diberikan kepada istri raja yang berkuasa.

Pangeran Charles dan Camila.

Photo :
  • Instagram @clarencehouse

Tapi dia awalnya disebut permaisuri putri, menurut The Times.

"Tujuannya adalah agar bangsawan dikenal sebagai permaisuri ketika pangeran naik takhta. Ini diumumkan pada saat pernikahan dan telah benar-benar ada, tidak ada perubahan sama sekali," kata juru bicara pasangan kerajaan kepada The Times pada Maret 2020.

Sebelum pasangan itu menikah dalam upacara sipil di Windsor Guildhall, Clarence House mengumumkan pembuatan gelar baru ini. Dimaksudkan bahwa Nyonya Parker Bowles harus menggunakan gelar HRH The Princess Consort ketika Pangeran Wales mengakses The Throne, kata pernyataan itu.

Pangeran Charles dan Carmilla

Photo :
  • Daily Mail

Pada saat itu, Slate menggambarkan "permaisuri putri" sebagai gelar yang dibuat untuk menghindari krisis PR.

"Ini adalah gelar baru yang dibuat hanya untuk Camilla, karena menobatkannya sebagai ratu akan menciptakan masalah PR bagi para bangsawan," tulis kolumnis Daniel Engber pada Februari 2005.

Dia menyebut, pernikahan antara orang yang bercerai seperti Charles dan Camilla tetap tabu bagi beberapa anggota Gereja Inggris, dan Camilla sudah tidak populer karena memutuskan pernikahan pangeran dengan Diana.

Pangeran Charles dan Camilla

Photo :
  • instagram.com/kensingtonroyal

Namun, selama Platinum Jubilee-nya pada Juni 2022, Ratu Elizabeth mengatakan dia lebih suka Camilla disebut permaisuri. Pada saat itu, juru bicara Clarence House mengatakan Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall "disentuh dan merasa terhormat".

Memang, dalam pengumuman meninggalnya Ratu Elizabeth pada 8 September 2022, akun Twitter resmi keluarga kerajaan menyebut Charles dan Camilla sebagai The King and The Queen Consort.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya