Alasan Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda

Ivan Gunawan
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Desainer, presenter, dan pengusaha, Ivan Gunawan kini tengah membangun sebuah masjid di Uganda, Afrika. Apa alasan Ivan Gunawan membangun masjid di sana? Sudah sejauh apa prosesnya? Lanjut scroll ya.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Uganda sengaja dipilih karena  populasi Muslim di Uganda saat ini mengalami peningkatan. Dan seiring dengan peningkatan tersebut, dibutuhkan masjid-masjid baru yang layak untuk menampungnya. Hal ini jadi alasan Ivan Gunawan memilih Uganda untuk membangun masjid kebanggaannya.

“Jadi kebetulan di Uganda  banyak muslimnya, tapi merekakan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi  saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana,” kata Ivan Gunawan saat dihubungi baru-baru ini.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Masjid yang akan Dibangun Ivan Gunawan

Photo :
  • ist

Menurut Ivan Gunawan, selain minimnya masjid, umat Muslim yang berada di Uganda juga minim mendapatkan peralatan ibadah.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

“Gak cuma masjid. Baju Muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim di sana,” katanya.

Selain alasan tadi, pembangunan masjid ini juga sebagai memenuhi nazar atau janjinya untuk membangun sebuah rumah ibadah 

"Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid. Dan hal itu bisa terwujud", ucap Ivan Gunawan.

Masjid yang akan Dibangun Ivan Gunawan

Photo :
  • ist

Ivan Gunawan bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dan juga desainer interior, Susan Emir, yang merupakan pemilik Rumah Sabine.

"Di sini aku bekerja sama dengan sejumlah pihak yang memiliki misi yang sama. Yang pertama adalah Yayasan Golen Future Indonesia, yang terus memantau pembangunan masjid ini dari awal sampai sekarang. Untuk desain masjid, aku percayakan pada desainer interior kebanggaanku Susan Emir, pemilik Rumah Sabine. Dengan sentuhannya, aku percaya bahwa masjid ini insya Allah akan menajadi megah, cantik, nyaman dan pastinya bermanfaat bagi umat,” katanya.

Masjid Indonesia by Ivan Gunawan pertama kali di Bangun pada 16 April 2022 berlokasi di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat. Warga Uganda Barat, tepatnya di Distrik Hoima antusias menyambut project pembangunan Masjid tersebut. Masjid dengan ukuran cukup besar itu mampu menampung hingga 400 Jamaah dalam sekali waktu Salat. Kendati demikian, Ivan mengaku tidak langsung terjun ke lapangan untuk membangun masjid tersebut.

“Aku nggak mempersiapkan apa-apa jadi aku hanya mengirimkan dananya aja, mereka langsung cari lahan. Dan yang bikin aku takjub, lahan masjid yang aku buat itu suasananya bagus banget dan sedikiit lagi jadi,” ucapnya.

Ivan Gunawan

Photo :
  • IG @ivan_gunawan

Proses pembangunan masjid di Uganda saat ini hampir selesai. Meski belum berdiri sempurna, masjid ini telah digunakan oleh warga sekitar untuk beribadah. Hal ini dilaporkan oleh Hamza Tamimy, relawan dari Golden Future Indonesia yang tengah berada di Uganda untuk mengawasi pembangunan masjid tersebut.

Alhamdulillah pembangunan sudah 80 persen jadi. Meski belum sepenuhnya jadi, masjid saat ini sudah dipakai solat dan kajian oleh warga sekitar. Selain masjid, kita juga membuat sumber air untuk berwudhu dan sehari-hari juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk masak dan minum,” katanya dalam keterangan tertulis.

Hingga saat ini pembangunan masjid ini terus dikerjakan setiap hari agar masyarakat sekitar bisa beribadah dengan nyaman. Sementara untuk dana pembangunannnya, pemilik sejumlah brand fashion ternama seperti Mandjha Hijab, Ivan Gunawan Prive dan Love By Ivan Gunawan ini secara rutin mengirimkan bantuan pembangunan masjid tersebut dari dana CSR perusahaannya.

Dana tersebut didapat dari setiap pembelanjaan Mandjha dan IGP (Ivan Gunawan Group) yang sebagian disisihkan untuk CSR. 

“Jadi di perusahaan kami selalu ada dana untuk CSR. Dana CSR inilah yang kami gunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Salah satunya adalah pembangunan masjid di Uganda itu. Selain Uganda, aku turut serta memperbaiki fasilitas beberapa mesjid di Jawa barat”, ungkap Ivan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya