5 Artis Lokal Keturunan Yahudi, Ada yang Pilih Pindah Agama

Mariana Renata Terpilih Sebagai The Face of TRESemme
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA Showbiz – Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwa ada beberapa artis lokal keturunan Yahudi. Hal ini bisa terjadi lantaran banyak dari mereka yang enggan menyinggung soal keyakinan atau negara tersebut. Meski begitu, beberapa artis Tanah Air ini diketahui mempunyai darah Yahudi dan cukup terkenal. 

Atalia dan Ridwan Kamil Tetapkan Syarat Khusus Saat Zara Minta Izin Lepas Hijab, Apa Itu?

Selain itu, di antara beberapa artis lokal keturunan Yahudi tersebut, tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk pindah agama. Ada berbagai alasan keputusan tersebut dipilih, salah satunya adalah mengikuti pasangan. Untuk itu, berikut ulasan mengenai artis lokal keturunan Yahudi seperti dirangkum dari IntipSeleb

Yuk scroll ke bawah!

Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Saling Unfollow IG, Putus?

1. Mariana Renata

Mariana Renata Terpilih Sebagai The Face of TRESemme

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Sosok Edwin Bahari, Brondong Tampan Pacar Baru Anisa Bahar

Mariana Renata adalah seorang artis lokal keturunan Yahudi yang memutuskan untuk pindah agama Katolik. Wanita keturunan Perancis dan Indonesia ini ternyata pernah tinggal selama 6 tahun di Zimbabwe. Setelah itu, Mariana kembali ke Perancis. Tidak lama kemudian, Mariana Renata menempuh pendidikan SMA di Jakarta. 

2. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela.

Photo :
  • Instagram/mulanjameela1

Silsilah keluarga Ahmad Dhani yang mempunyai keturunan Yahudi bukanlah sebagai rahasia lagi. Sebab, sang kakek yang bernama Jan Pieter Friederich Kohler, adalah seorang Yahudi yang lahir dan besar di Yahudi Ashkenazi. Dhani mendapatkan darah Yahudi dari sang ibu yang bernama Joyce Theresia Pamela Kohler. 

3. Sophia Latjuba

Sophia Latjuba.

Photo :
  • Instagram @sophia_latjuba88

Sophia Latjuba diketahui mempunyai darah keturunan yang cukup beragam. Ia pernah mengungkapkan silsilah orang tuanya yang begitu bervariasi. Sang ayah diketahui mempunyai darah Bugis, Arab, dan Banyuwangi. Sementara sang ibu adalah keturunan Jerman, Austria, Jugoslavia, Hungaria, dan Yahudi. 

Bahkan, orang tua Sophia Latjuba juga menganut kepercayaan yang berbeda. Ketika usia 10 tahun, Sophia pernah diminta untuk memilih agama yang akan dianut. Dengan pertimbangan, ia memilih Kristen. Tapi, ketika pacaran dengan Ariel NOAH tahun 2014, ia memberikan kode untuk berpindah keyakinan. 

Kabarnya menjadi seorang mualaf pun ditutup-tutupi. Tapi, pada tahun 2018, Sophia Latjuba diduga kembali memeluk agama Kristen setelah mengunggah foto interior gereja yang berada di Dusseldorf, Jerman. Tahun 2022 kemarin, ia juga sempat mengunggah foto lambang salib. 

4. Marini Soerjosoemarno 

Marini Soerjosoemarno adalah seorang artis keturunan Yahudi dan Belanda. Besar dalam lingkungan Yahudi, Marini pernah hidup dalam ajaran yang taat beribadah. Ketika akan menikah dengan ayah Lukman Sardi, Marini masih menganut agama Kristen. Namun, setelah itu ia memutuskan untuk pindah agama. 

5. Irwan Mussry

Irwan Mussry dan Maia Estianty.

Photo :
  • Instagram/maiaestiantyreal

Suami dari Maia Estianty, Irwan Mussry adalah orang asli Yahudi atau Israel. Sang ayah yang bernama Charles Mussry rupanya keturunan Yahudi-Irak yang pernah menjadi konsultan kedutaan Australia sekaligus tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan. Sama seperti Marini, ia juga memutuskan untuk pindah agama Islam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya