Bikin Ngeri, 4 Artis Indonesia Ini Putuskan Disunat Saat Dewasa

Jeffry Reksa
Jeffry Reksa
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Showbiz – Mayoritas pria dewasa di Tanah Air sudah melakukan sunat ketika masih kecil. Namun, beberapa artis ini disunat ketika mereka sudah beranjak remaja dan bahkan ada yang sudah memasuki usia dewasa. Berbagai alasan mereka ungkapkan atas keputusan tersebut, mulai dari masalah kesehatan hingga diduga akan pindah agama

Sementara itu, dalam dunia medis sendiri, sunat diartikan sebagai sebuah tindakan untuk memotong kulit yang menutupi kepala penis. Sunat biasanya dilakukan saat masih anak-anak untuk meminimalisir rasa sakit. Untuk itu, berikut ulasan mengenai artis Indonesia yang memutuskan untuk sunat saat sudah dewasa yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Betrand Peto

Betrand Peto.

Betrand Peto.

Photo :
  • Instagram @betrandpetoputraonsu

Betrand Peto, anak Ruben Onsu dan Sarwendah juga memutuskan untuk disunat ketika usianya sudah beranjak remaja atau di usianya yang ke 13 tahun. Onyo, sapaan akrabnya, melakukan proses sunat di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan pada tahun 2020 silam. 

Ketika disunat, Onyo pada awalnya merasa tegang lantaran pria berprofesi penyanyi itu tampak ketakutan dan kesakitan. Namun, Ruben berusaha untuk menguatkan putranya sejak masuk ruang operasi. Onyo pun kini sudah pulih dan tumbuh jadi laki-laki yang sehat. 

2. Jeffry Reksa

Jeffry Reksa

Jeffry Reksa

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Giliran Jeffry Reksa yang memutuskan untuk disunat. Pria yang merupakan pacar Putri Delina anak komedian Sule itu memutuskan untuk disunat pada usia 21 tahun. Jeffry memperlihatkan dirinya setelah disunat setelah membuat konten video di TikTok dengan menggunakan sarung. 

Jeffry yang menganut agama Kristen itu diduga melakukan sunat untuk pindah agama. Seperti yang diketahui hubungan Jeffry Reksa dan Putri Delina memang sangat serius bahkan mereka kabarnya akan segera menikah. Hal ini membuat warganet menduga bahwa Jeffry akan pindah agama untuk menikahi Putri. 

3. Marshel Widianto

Marshel Widianto

Marshel Widianto

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

Marshel memutuskan untuk disunat ketika usianya menginjak 23 tahun. Marshel yang menganut agama Kristen itu pernah diduga akan pindah agama sehingga memutuskan untuk disunat. Padahal, ada beberapa alasan kenapa pria yang dikabarkan tengah dekat dengan Celine Evangelista itu memutuskan untuk disunat. 

Marshel sering mendapatkan sindiran dari orang lain kenapa dirinya belum disunat padahal usianya sudah beranjak dewasa. Selain itu, dia juga ingin kesehatan organ kelaminnya tetap terjaga dan menjaga kebersihan setelah melakukan proses sunat. 

4. Genki Sadamatsu

Genki Sadamatsu

Genki Sadamatsu

Photo :
  • Viva.co.id/Finalia Kodrati

Genki Sadamatsu adalah seorang YouTuber sekaligus komedian asal Jepang yang saat ini menetap di Indonesia. Meski bukan menganut agama Islam, ia menyadari bahwa sunat itu penting untuk kesehatan terutama kebersihan area penis. Ia juga menyadari bahwa sunat adalah prosedur yang dianjurkan WHO untuk mencegah risiko penularan penyakit seksual. 

"Saya bukan mau masuk Islam, tidak juga untuk menikah, tapi ini untuk kesehatan. Dan, siapa tahu juga saya nanti menikah dengan orang Indonesia dan kemungkinan masuk Islam. Jadi, saya sudah siap-siap dari sekarang,"  kata Genki dalam channel Youtube "Genki Banget".