Andien Aisyah Ungkap Pernah Didiagnosis Tumor Payudara

Andien Aisyah
Sumber :
  • IG @andienaisyah

VIVA Showbiz – Andien Aisyah menjadi salah satu selebritis Tanah Air yang cukup concern dengan asupan makanan yang masuk ke tubuhnya. Dirinya juga menerapkan mindful eating. Ibu dari dua orang anak ini mulai sadar akan untuk memperhatikan asupan makanan sejak dirinya menginjak bangku SMA.

Gak Cuma Pola Hidup Sehat, Andien Anggap Olahraga Sebagai Cara Ekspresikan Diri

Saat duduk di kelas 2 SMA dirinya sempat didiagnosis terkena tumor payudara. Scroll lebih lanjut ya.

“Awalnya banget terjadi dulu kelas 2 SMA kena tumor payudara. Kaget saat itu menurut makanan aku normal-normal aja. Ternyata itu dinormanilasi karena dulu aku bawa bekal instan misalnya sosis nugget makanan cepat saji. SMA menurut dokter terjadinya sebagian besar karena itu,” kata Andien dalam acara Press Conference The Launch of Creamy Crew & Cooking Demo di Burgreens Menteng Jakarta Pusat, Rabu 28 September 2022.

Gelar SPKK dan SPDV Kini Diganti SPDVE, Perdoski: Kompetensinya Sama 

Andien Aisyah

Photo :
  • Prambanan Jazz Festival 2022

Setelah didiagnosa dengan tumor payudara, Andien dan ibunya kemudian mulai memperhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuhnya. 

Idap Tumor Jinak Mpok Atiek Tetap Kerja: Setelah Syuting Baru Ngerasain Lagi Sakitnya

“Aku mau makan lebih sehat, mama ku jadi lebih mindfull jadi makan di rumah sayur asem, tempe,” ungkap Andien. 

Namun tidak sampai di situ, seiring bertambahnya usia, ia sempat mengalami sistem imun yang memburuk beberapa tahun lalu. Dia sempat mengalami typhus sebanyak lima kali dalam setahun. Dia juga sempat merasa gampang lelah saat menyanyikan lebih dari dua lagu.

Andien

Photo :
  • IG @andienaisyah

Dia kemudian banyak belajar untuk menjalani mindful eating terutama setelah menikah dan punya anak. 

“Aku coba ubah pola hidup makan olahraga tidur. Menikah dan punya anak jadi tambah belajar banyak hal karena ketemu orang baru yang buka mata aku kalau mau dapat impact dari kecil dari badanku dari aku yang sehat bisa lahirkan anak yang sehat dari situ banyak baca banyak nanya akhirnya tercipta pola hidup sehari-hari,” ungkap Andien. 

Andien juga masih belajar mengenal kebutuhan untuk dirinya sendiri hingga saat ini.  

“Aku masih banyak belajar mengenal diri sendiri apa kebutuhannya apa yang kita mau. Karena kadang-kadang apa yang badan mau dengan pikiran kita mau beda,” ujar dia.

Andien Aisyah.

Photo :
  • Instagram @andienaisyah

Andien kemudian mulai mencoba untuk beralih menjadi flexitarian dan mengonsumsi plant base atau makanan berbasis tumbuhan saat dia mengandung anak kedua di tahun 2020 lalu. Dia pun mengaku banyak perubahan yang terjadi pada hidupnya. 

“Aku alami banyak perubahan secara fisik dan kebatinan. Kalau secara fisik improvement dari darah, stamina kalau dulu bangun tidur seperti apa sekarang seperti apa. Pola makan yang aku rasain badan punya switch, dengan makan baik jam 9 ngantuk dan jam 5 pagi bangun enak banget tidurnya. Yang sangat kentara dari anak-anak mereka juga secara tidak sadar ter-influence untuk makan seperti aku,” ungkap Andien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya