Kisah Komika Sudit, Mantan Pendeta dan Tukang Mabuk yang Jadi Mualaf

Komika Sudit
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Showbiz – Komika bernama Sudit E Sofyanuary atau yang lebih akrab disapa Didit menceritakan masa kelamnya sebelum memeluk agama Islam dan menjadi seorang mualaf. Dulunya, ia ternyata seorang pendeta sekaligus penceramah yang sangat taat. Tapi, ia sempat terjerumus kecanduan miras dan sering mabuk-mabukan. 

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

“Flashback ke belakang ya, bermula dari profesi sebagai seorang pendeta lebih tepatnya seorang evangelist atau penceramah. Ada masa-masa di mana apa yang gua kerjakan nggak sesuai sama hati gua dan gua kecewa,” jelas Didit dilansir dari Youtube Cameo Project.

Komika Sudit

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Rupanya Hal Ini yang Buat Oki Rengga Emosi saat Mengantarkan Jenazah Babe Cabita

Pria yang kini akrab disapa Didit tersebut menceritakan bahwa dirinya skeptis dan sangat kecewa dengan ajaran agama yang dia yakini sebelumnya. Didit pun merasa hilang arah dan mulai kecanduan dengan barang-barang haram seperti alkohol dalam jangka panjang. 

Ia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang pendeta. Didit kemudian memilih untuk menjadi seorang wirausahawan dan menjalankan bisnis kecil-kecilan. Ketika menjadi wirausahawan tersebut, ia mempunyai waktu luang yang banyak sehingga sering mabuk-mabukan. 

Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Masjid, Komunitas Muslim Korea Ungkap Fakta Mencengangkan

“Awalnya memang satu botol sehari, lama-lama intensitasnya makin sering. Tadinya cuma untuk mengisi waktu luang, akhirnya makin lama makin sering,” tambahnya.

Kecanduan yang berkepanjangan terhadap alkohol pun akhirnya menimbulkan dampak buruk untuk Didit. Ia mengaku saraf matanya terbakar sehingga saat ini penglihatannya mulai terganggu akibat perilaku buruk tersebut. 

Komika Sudit

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Selain terjun ke dunia kelam, Didit juga pernah tidak percaya lagi bahwa Tuhan itu ada. Tapi, setelah saraf matanya rusak karena kebanyakan mengonsumsi alkohol, ia kembali terpikirkan apakah jangan-jangan Tuhan itu memang ada. 

“Saat saraf mata gua rusak itu gua mulai percaya ‘apa jangan-jangan Tuhan itu ada’. Tadinya gua udah yakin (Tuhan) nggak ada,” ungkap Didit.

Setelah itu, ia mulai banyak mendengarkan ceramah dan motivasi Islami sehingga mantap untuk pindah agama dan kini mualaf. Meski memilih memeluk agama Islam, ia tidak menganggap bahwa agama yang lain itu jelek. 

“Bukan berarti agama lain itu lebih jelek daripada apa yang gua pilih. Gua lebih merasa Islam lebih cocok sama kerangka berpikir gua sekarang,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya