Yusuf Mansur Bagikan Kondisi Dalam Masjid Jakarta Islamic Center yang Terbakar

Kondisi luar kubah Masjid Jakarta Islamic Center yang terbakar
Sumber :
  • Instagram @yusufmansurnew

VIVA Showbiz  – Si jago merah melahap kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Jalan Kramat Jaya Raya No. 1, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 19 Oktober 2022 sekitar pukul 15.23 WIB.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

“Objek yang terbakar itu kubah masjid,” kata Kasudin Penanggulangan Kebakaran (Gulkarmat) Jakarta Utara, Rahmat Kristanto dalam keterangan tertulis. 

Dalam kebakaran tersebut, sebanyak 5 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kejadian. 

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Koja, Jakarta Utara

Photo :
  • ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara

Petugas Piket Pos Damkar Jakarta Utara Teddy mengatakan pihaknya mengetahui adanya kebakaran kubah masjid tersebut pukul 15.22 WIB.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

“Terima laporan jam 15.22 WIB,” tuturnya.

Kebakaran diduga karena adanya pekerjaan renovasi bangunan masjid.

"Memang di Islamic Center itu sedang ada renovasi atau perbaikan kubah. Jadi sedang ada pekerjaan renovasi kubah dan dimungkinkan bahwa kebakaran itu karena pekerjaan itu," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Wibowo.

Yusuf Mansur turut membagikan video serta potret Masjid Jakarta Islamic Center yang terbakar melalui akun Instagram-nya. Dalam tayangan video terlihat api mulai menjalar ke bagian dalam masjid dan meruntuhkan puing. 

Percikan api juga terlihat turun dari langit-langit masjid. Asap pun memenuhi masjid tersebut walaupun jarak pandang masih bisa terlihat

Kondisi dalam Masjid Jakarta Islamic Center yang terbakar

Photo :
  • Instagram @yusufmansurnew

“Ini keadaan dalam masjid. Yaa Allah. Bisa gini ya? Yuk doain JIS… Jakarta Islamic Center,” tulisnya dalam video tersebut. 

Tak cuma itu, ia juga mengunggah keadaan luar Masjid Jakarta Islamic Center. Tampak bagian kubah dimakan api hingga hampir habis dan hanya terlihat bagian kerangkanya. 

Jakarta Islamic Center dibangun di atas lahan bekas resosialisasi (Lokres) Kramat Tunggak, Jakarta Utara.

Berdasarkan informasi di laman islamic-center.or.id, lokres Kramat Tunggak merupakan sebuah nama Panti Sosial Karya Wanita (PKSW) Teratai Harapan Kramat Tunggak yang berlokasi di Jalan Kramat Jaya RW 019, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Kondisi bagian dalam Masjid Jakarta Islamic Center yang terbakar

Photo :
  • Instagram @yusufmansurnew

Lokalisasi itu berkembang pesat hingga menimbulkan masalah baru bagi masyarakat sekitar dan muncul desakan untuk menutup lokalisasi.

Pada tahun 1998 dikeluarkan SK Gubernur KDKI Jakarta No. 495/1998 tentang penutupan panti sosial tersebut selambat-lambatnya akhir Desember 1999. Kemudian pada 31 Desember 1999, Lokres Kramat Tunggak secara resmi ditutup melalui SK Gubernur KDKI Jakarta No. 6485/1998. 

Selanjutnya Pemda Provinsi DKI Jakarta melakukan pembebasan lahan eks lokres Kramat Tunggak. Gubernur DKI Jakarta saat itu Sutiyoso memiliki ide membangun Islamic Center di lokasi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya