Masjid Ivan Gunawan di Uganda, Afrika Timur Mulai Digunakan Warga

Ivan Gunawan
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Perancang busana sekaligus pembawa acara, Ivan Gunawan mengabarkan Masjid Indonesia yang dibangun di Butanjwa Holma, Uganda Barat, Afrika Timur hampir selesai dibangun. Dia mengaku bakal mengajak 10 finalis Miss Grand meresmikan masjid tersebut.

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

Igun, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa masjid yang mulai dibangun pada bulan April lalu itu kini sudah bisa digunakan. Selain membangun masjid, Ivan Gunawan juga mengaku membangun fasilitas lain untuk masyarakat sekitar.

Masjid yang akan Dibangun Ivan Gunawan

Photo :
  • ist
Viral! Maling Motor Gemoy di Tebet Kena Amuk Massa dan Ditelanjangi

“Bukan hanya masjid yang aku bangun, tapi juga membangun fasilitas masyarakat lain seperti air bersih, dan inshallah akan berkembang ke perumahan.” Jelas Ivan kepada awak media saat konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Ekonomi dan Kreatif, Rabu 26 Oktober 2022.

Dia menjelaskan pembangunan masjid yang diberi nama Masjid Indonesia itu telah mencapai 80 persen. Meski belum sepenuhnya rampung, Igun menyebut masjid itu sudah mulai digunakan oleh masyarakat.

Heboh Kondom Berserakan di RTH Tubagus Angke, Polisi Gencarkan Patroli

Ivan Gunawan mengaku senang sekaligus bersyukur dapat membantu masyarakat di sana untuk membangun masjid. Dia berharap masjid tersebut dapat menampung banyak jemaah di waktu shalat.

“Masjidnya akan bisa menampung sekitar 400 jemaah di sana. Harapannya pembangunan masjid bisa bermanfaat buat masyarakat disana dan bisa dipakai buat beribadah dan mendekatkan diri lebih sama Allah," tandasnya.

Alasan Ivan Gunawan membangun masjid di Uganda

Sebelumnya diberitakan, Uganda sengaja dipilih Igun karena banyaknya masyarakat di sana yang memeluk agama Islam. Hal ini jadi alasan Ivan Gunawan memilih Uganda untuk membangun masjid kebanggaannya.

“Jadi kebetulan di Uganda  banyak muslimnya, tapi merekakan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi  saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana,” kata Ivan Gunawan saat dihubungi baru-baru ini.

Masjid yang akan Dibangun Ivan Gunawan

Photo :
  • ist

Menurut Ivan Gunawan, selain minimnya masjid, umat Muslim yang berada di Uganda juga minim mendapatkan peralatan ibadah.

“Gak cuma masjid. Baju Muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim di sana,” katanya.

Selain alasan tadi, pembangunan masjid ini juga sebagai memenuhi nazar atau janjinya untuk membangun sebuah rumah ibadah. "Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid. Dan hal itu bisa terwujud", ucap Ivan Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya