Miss Universe Dibeli oleh Transgender Asal Thailand Senilai Rp331 Miliar

Anne Jakkaphong Jakrajutatip
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Showbiz – Kontes kecantikan bertaraf internasional, Miss Universe resmi dibeli oleh taipan media asal Thailand, Anne Jakkaphong Jakrajutatip. Anne Jakkaphong membeli organisasi kecantikan tersebut dengan harga US$20 juta atau setara dengan Rp331 miliar. Anne Jakkaphong ini memang bukan orang biasa. 

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Dia adalah seorang CEO JKN Global Group PCL, sebuah perusahaan yang bergerak di industri media Thailand. Selain itu, sebagai seorang transgender dia juga sering membela hak-hak transgender. Anne Jakkaphong memang sangat terbuka dengan statusnya. JKN Global Group mengumumkan pengambilalihan organisasi itu pada Rabu waktu setempat. 

Anne Jakkaphong Jakrajutatip

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram
Perprindo Protes Permenperin Baru soal Impor Elektronik Picu Ketidakpastian Hukum, Ini Penjelasannya

Lewat keterangannya, perusahaan tersebut berencana mengembangkan organisasi Miss Universe dan memperluasnya di Asia. Perusahaan tersebut juga merilis dagangan baru termasuk perawatan kulit, kosmetik, produk gaya hidup, suplemen makanan dan minuman. 

"Kami tidak hanya melanjutkan warisannya dalam menyediakan platform bagi individu dari berbagai latar belakang, budaya, dan tradisi, tetapi juga mengembangkan merek untuk generasi berikutnya," kata Anne Jakkaphong.

Curhat Kementerian BUMN Punya Dana Melimpah Buat Genjot UMKM, Tapi Terbentur Aturan OJK 

CEO dan presiden Organisasi Miss Universe menyebut, "bersemangat untuk melanjutkan evolusi Organisasi Miss Universe dengan JKN. Pendekatan progresif kami terus memposisikan diri di garis depan industri kami.”

Pembelian itu menjadikan Anne Jakkaphong sebagai wanita pertama pemilik Organisasi Miss Universe. Kontes kecantikan Miss Universe merupakan salah satu kontes kecantikan yang paling banyak ditonton di dunia. Kontes ini sudah berlangsung sejak tahun 1952. 

Seperti kebanyakan kontes besar lain, Miss Universe juga harus memperhitungkan permintaan publik atas keberagaman, representasi, inklusivitas yang semakin besar dan meningkat selama dekade terakhir. Beberapa tahun lalu, Angela Ponce pernah jadi transgender pertama yang masuk kontestan Miss Universe. 

Miss Universe 2021, Harnaaz Sandhu

Photo :
  • IG @officialputeriindonesia

Meski sejumlah kritikus menilai premis kontes kecantikan secara inheren cacat, yang lain menyebut bahwa sudah ada kemajuan yang signifikan dalam beberapa waktu belakangan. Kontes kecantikan untuk kontestan transgender ini sudah meningkat popularitasnya. 

Salah satunya adalah Miss International Queen yang diluncurkan pada 2004. Beberapa negara sudah meluncurkan versi mereka sendiri. Misalnya pada 2017 India mengadakan konser Miss Transqueen pertama kali. Kontes itu bertujuan untuk merayakan fluiditas gender. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya