5 Artis Beragama Islam Ngaku Jarang Sholat, No 4 Pilih Pindah Agama

Raffi Ahmad.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi.

VIVA Showbiz – Indonesia adalah sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Sehingga tidak heran bila banyak artis Tanah Air yang menganut agama Islam. Bahkan, menurut data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam mencapai 237 juta jiwa per Desember 2021 atau setara 86,9 juta jiwa. 

Alasan Keluarga Tukul Arwana Terima Undangan Syuting dari Raffi Ahmad

Dari jumlah tersebut, banyak dari mereka yang bekerja sebagai seorang selebriti. Namun, ada beberapa selebriti Tanah Air yang beragama Islam namun mengaku jarang melaksanakan ibadah sholat. Ketika membuat pengakuan mengejutkan itu, mereka juga memberikan alasan tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan yang dirangkum dari Intipseleb.

1. Sandrinna Michelle

Raffi Ahmad Ajak Tukul Arwana Syuting Lagi, Anaknya Berterima Kasih Banget

Sandrinna Michelle

Photo :
  • Screenshoot YouTube TC Candler

Sandrinna Michelle mengaku sebagai penganut agama Islam, tapi sempat menempuh pendidikan di sekolah berbasis Kristen. Pada suatu ketika, Sandrinna mengaku sempat lupa kepada Tuhan. Ia pun akhirnya berusaha untuk melaksanakan ibadah sholat dan menjadi muslimah yang lebih baik. 

Kisah Mualaf Dokter Cantik, Dibangkrutkan Usai Masuk Islam: Hidup Gue Direset Allah

“Iya aku sekarang lagi mencoba untuk menempatkan salat. Iya jadi kalau lagi syuting, kan ada waktunya ya. Bunyi azan, pasti aku minta ‘Bentar ya aku salat bentar di Villa’. Boleh (kata kru syuting),” kata Sandrinna Michelle di YouTube Pretty Women ID. 

2. Anya Geraldine

Anya Geraldine

Photo :
  • IG @anyageraldine

Dalam sebuah live Instagram, Anya Geraldine mengaku sering ketinggalan waktu sholat. Sebab, Anya sering kali ketiduran, padatnya kegiatan di dunia keartisan sampai terlanjur sudah memakai makeup. Meski mengaku jarang sholat, Anya bertekad bahwa ia akan menyempurnakan ibadahnya. 

"Emang Anya enggak salat? Aku insya Allah kalau bisa salat, aku pasti salat. Tapi belum yang lima waktu banget karena Subuh suka tidur. Kalau Zuhur suka skip karena suka bangun siang. Terus kalau Isya itu bisa, tapi kayak lagi sore gitu kadang lagi syuting muka udah make up, ambil air wudhu harus hapus make up dulu jadi ada bolongnya karena itu," kata Anya Geraldine. 

3. Adipati Dolken

Adipati Dolken

Photo :
  • Instagram Adipati Dolken

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan tahun 2017 silam, Adipati Dolken mengaku selalu menjalankan syuting lantaran untuk mengejar setoran. Hal ini karena Adipati sedang membangun rumah 3 lantai yang berada di kawasan Bintaro. Tapi sayang, Adipati Dolken justru lalai dan mengaku jarang sholat karena terlalu sibuk syuting. 

"Iya gua kejar setoran dari tahun ke tahun. Karena sampai sekarang belum jadi-jadi lagi dibangun. Salat sih jarang ya hahaha. Ya jujur aja gua mah, daripada gua pura-pura,” kata Adipati Dolken dalam sebuah wawancara. 

Terlepas dari hal tersebut, Adipati Dolken ternyata pernah mempelajari agama Kristen. Hal ini bukan tanpa alasan, karena ia harus memerankan karakter seorang penganut agama Kristen dalam sebuah film yang berjudul Akhirat: A Love Story. 

“Kesulitan adalah pasti, gue kan kenyataannya Muslim dan di film ini gue jadi Kristen,” kata Adipati Dolken di screening film Akhirat: A Love Story di Gandaria City, Jakarta Selatan, 19 November 2021.

4. Ari Wibowo

Ari Wibowo

Photo :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

Ari Wibowo lahir dari orang tua yang beda agama. Sang ayah diketahui menganut agama Islam dan ibunya menganut agama Kristen. Sejak kecil, ia mengakuti keyakinan sang ayah. Tapi, ia mengaku jarang melaksanakan sholat lantaran orang tuanya membebaskan dia dalam melaksanakan ibadah. 

“Tidak (pernah salat). Pada saat itu nyokap juga bukan Kristen yang menjalani. Papa pun bukan yang Islam salat lima waktu. Jadi memang aku tuh kayak di tengah-tengah. Istilahnya dikasih kebebasan,” papar Ari Wibowo di YouTube Daniel Mananta Network.

Beranjak dewasa, ia memutuskan untuk pindah agama dari Islam ke Kristen. Keputusan tersebut dipilih oleh Ari Wibowo usai mendatangi sebuah gereja yang ada di Kontanz, Jerman ketika dirinya masih memeluk agama Islam. 

Raffi Ahmad.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi.

Raffi Ahmad mengaku menyesal jarang melaksanakan sholat ketika diminta oleh orang tuanya. Kenakalan itu berawal ketika Raffi Ahmad masih kelas tiga SD. Ia sering berbohong dan mencari akal supaya tidak melaksanakan sholat. 

"Wah, dulu kalau salat nih. Pas gue kelas tiga SD kan kamar gue dibikinin di loteng di atas. Kamar gue tuh nggak pakai lantai tapi pakai triblock (kayu). Gue acak-acakin itu sajadah sama sarung. Terus gue pukul itu (alasnya) biar ceritanya lagi sujud,” kata Raffi Ahmad. 

Bahkan, Nagita Slavina juga pernah mengungkapkan hal serupa. Tapi, Raffi Ahmad tentu saja membantah tuduhan tersebut. Ia berdalih sering melaksanakan sholat lima waktu tanpa sepengetahuan siapapun. 

“Ah salat aja enggak,” kata Nagita Slavina melalui YouTube Rans, Agustus 2020.

“Salat cuma kan suka bolong-bolong,” sahut Raffi.

“Bolong semua, bukan bolong-bolong,” timpal Nagita lagi.

“Kan aku enggak pernah salat di depan kamu, atau di depan kamera, kadang-kadang kan aku diam berdoa, kamu juga enggak perlu dengar aku berdoa,” kata Raffi Ahmad membela diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya