5 Kontroversi Istri Presiden Korea Selatan, Manipulasi hingga Dituding Plagiat

Iriana Jokowi dan Kim Keon Hee
Sumber :

VIVA Showbiz – Istri Presiden Korea Selatan yakni Kim Keon Hee tengah banyak disorot dan menjadi perbincangan hangat lantaran kecantikan dan paras awet mudanya yang membuat publik gagal fokus. 

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Di balik parasnya yang awet muda nan cantik, rupanya istri Yoon Suk Yeol, Presiden Korea Selatan itu telah menginjak usia yang terbilang sudah tidak muda lagi yakni 50 tahun. Namun, banyak yang mengiranya masih muda bahkan terlihat seperti seorang ABG. 

Akan tetapi, di balik parasnya yang menawan itu, Kim Keon Hee ternyata mendapatkan banyak sorotan yang kurang baik di negaranya dengan beberapa skandal. Berikut ini beberapa skandal istri Presiden Korea Selatan yang dihimpun dari Korea Herald dan sumber lainnya. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

1. Diduga memanipulasi harga saham

Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee

Photo :
  • Instagram
Tolak Kasih Data Buat Pinjol, Istri di Tebet Jaksel Dianiaya Suami

Pada awal September 2022 lalu, dirinya diduga memanipulasi harga saham Deutsche Motors. Transkrip telepon dengan Kim Keon Hee, yang sedang diselidiki atas kasus tersebut pun muncul dalam laporan berita lokal. 

Dalam transkrip telepon itu, pegawai perusahaan sekuritas diduga diminta oleh Kim untuk membeli saham saat harga sedang dimanipulasi. Selain itu Kim juga ditemukan masih terus berdagang dalam periode di mana dirinya padahal mengaku tidak memiliki kontak dengan orang yang memimpin manipulasi harga saham tersebut. 

Berita tersebut pun langsung ditanggapi oleh kantor kepresidenan dan langsung menyebutnya sebagai sebuah laporan palsu. 

2. Diduga menghilangkan catatan barang mewah

Presiden Korsel dan istri

Photo :

Kalung mewah yang harganya ditaksir sekitar 62 juta won atau Rp708 juta yang dipakai oleh Kim Keon Hee ketika dirinya menemani Presiden Korea Selatan dalam perjalanan ke Spanyol juga sempat menjadi sorotan dan memicu adanya kontroversi. 

Disebut memicu kontroversi karena kalung mewahnya tersebut diduga dihilangkan dari laporan aset properti yang dimilikinya. Namun, kantor kepresidenan telah mengklarifikasi bahwa kalung mewah tersebut dipinjam dari seorang kenalan. Kendati demikian, Kim tetap dihujat oleh warga yang mengkritiknya dan menyebutnya tidak jujur.

3. Mengundang polisi yang sedang menyelidiki kasus

Presiden Korsel dan Istri

Photo :

Kontroversi lain yang muncul dari Kim Keon Hee adalah saat ada pemberitaan bahwa dirinya mengundang seorang petugas polisi yang menyelidiki kasus untuk menghadiri pelantikan Yoon.

Polisi pun menyelidiki tuduhan perlakuan istimewa yang diterima Kim dan ibunya untuk proyek pembangunan di distrik Gongheung Yangpyeong, Provinsi Gyeonggi selama sekitar 10 bulan.

4. Dituding plagiat

Iriana Jokowi dan Kim Keon Hee

Photo :

Istri Presiden Korea Selatan itu juga pernah dituding melakukan plagiarisme dalam tesisnya. Sehingga mahasiswa Universitas Wanita Sookmyung dan Komite Tanggap Darurat Alumni Universitas Kookmin berpendapat, sekolah mereka harus menyelidiki tuduhan plagiarisme dalam kasus tesis Kim di institusi masing-masing. Hal itu dikarenakan pihak sekolah yang ragu tentang keaslian dari tesis tersebut.

5. Dituding cosplay gaya Audrey Hepburn

Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee

Photo :
  • Instagram

Gaya Kim Keon Hee saat mengunjungi rumah anak laki-laki yang mengidap sakit jantung bawaan di Phnom Penh juga menjadi sorotan. Gayanya tersebut dibandingkan oleh warganet dengan bintang Hollywood yakni Audrey Hepburn. 

Dalam foto lawas, Audrey Hepburn juga terlihat mengenakan kemeja polo dengan celana chino saat berkunjung ke pusat bantuan pangan yang didukung UNICEF di Baidoa, Somalia pada 1992 lalu. 

Hal itu pun menuai kecaman dari blok oposisi politisi Korea Selatan di mana istri dari Presiden Korea Selatan  dinilai oleh Perwakilan Partai Demokrat Korea (DPK) Kim Yong Min meniru artis asal Inggris tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya