5 Hal Soal Islam yang Disetujui Daniel Mananta dari Perkataan Ustaz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Daniel Mananta
Sumber :
  • Instagram: ustadzabdulsomad_official

VIVA Showbiz – Presenter kondang Tanah Air, Daniel Mananta belakangan ini sempat menyedot perhatian publik karena kedekatannya dengan pendakwah kondang, Ustaz Abdul Somad. Dalam sebuah podcast di kanal YouTube Daniel Mananta Network, dia terlihat membahas kaidah agama Islam dan bahkan menyinggung soal mualaf. 

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Publik mendadak dibuat heboh dengan aksi Daniel Mananta yang tampak mengobrol santai dengan UAS. Presenter berusia 41 tahun itu bahkan tampak khusyuk ketika membahas tentang kaidah ajaran agama Islam. 

Tidak heran bila reaksi warganet mengira bahwa Daniel Mananta akan segera mualaf. Bahkan dia singgung soal pindah agama. Meski bukan seorang pemeluk agama Islam, dia mengaku bahwa dirinya menyetujui  beberapa hal yang UAS sampaikan. 

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Daniel Mananta

Photo :
  • Instagram: ustadzabdulsomad_official

Meski diketahui keduanya memiliki keyakinan yang berbeda, UAS sebagai pendakwah Islam dan Daniel penganut agama Katolik. Tapi, suami Viola Maria itu mengakui bahwa dirinya sangat nyaman ketika membahas soal agama dan kepercayaan dengan UAS. 

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

"Setelah dialog gua dengan ustaz Abdul Somad, dan ternyata ini dia 5 hal yang gue setuju dengan ustaz Abdul Somad," ujar Daniel Mananta dalam unggahan video TikTok @vjdaniel yang dilihat VIVA pada Jumat, 22 November 2022.

Daniel setuju dengan pernyataan bahwa kasih sayang lebih baik didahulukan sebelum perintah Tuhan. Menurut dia, begitu banyak kita menerima kasih sayang dari Tuhan, dan ketika itulah kita ingin melakukan sesuatu untuk-Nya. Di saat itulah manusia melakukan perintah-Nya. 

"Pertama, karena kasih sayang Tuhan kita berdua bisa ngobrol dengan lancar dan luar biasa. Gue jadi lebih bisa mencintai orang-orang di sekitar gue, karena gue telah merasakan cinta dari Tuhan dalam hidup gue," imbuh Daniel.

"Kedua ustaz sempat bilang kasih sayang dulu yang pertama baru Tuhan memberikan law, atau perintah atau hukum. Bahkan di Alkitab pun kasih karunia dan kebenaran," pungkasnya.

Menurut dia, tidak ada satu hal pun, bahkan kebaikan apa pun yang dilakukan di dunai yang membuatnya merasa pantas untuk mendapatkan surga. Ini karena dia hanya manusia biasa. Baginya, manusia bisa mendapatkan surga karena kasih sayang Tuhan. 

Ustaz Abdul Somad dan Daniel Mananta.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

"Yang ketiga Nabi Muhammad sempat bilang manusia masuk ke surga bukan karena amalnya, bukan karna ritualnya tapi karna kasih sayang dari Tuhan. Keempat soal dukun, gue gak nyangka kenapa orang-orang Kristen Nasrani kebanyakan lebih percaya dukun, kartu tarot, astrologi," bebernya

Terakhir, Daniel Mananta mengatakan bahwa pernyataan ini akan menjadi kontroversi bila tidak dipahami lebih dalam. Daniel Mananta mengatakan, dirinya setuju dengan pernyataan Ustaz Abdul Somad yang mengatakan bahwa ada jin dalam patung Yesus Kristus. 

“Bahwa ada unclean spirit di patung, ketika patung yang dibuat oleh manusia disembah. Sebelum lu mau komentar lu harus baca dulu Yesaya 44 ayat 13 - 20. Ini gue pengen ngomong  sama umat nasrani ya, ini tercatat dalam buku sejarah,” tegas dia.

"Baca Yesaya ayat 13-20, sekali lagi, ini buat orang-orang yang mengaku sebagai pengikut Yesus. Gua ingin kalian baca dulu Yesaya 44:13-20, baru lo bisa komentar. Sebelum lo baca, jangan komentar dulu," ucap Daniel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya