Sosok YouTuber Romo Ndeso yang Tanggapi Daniel Mananta Soal Patung Salib

Romo Aba/Romo Ndeso
Sumber :
  • tempusdei.id

VIVA Showbiz – Sosok YouTuber Romo Ndeso baru-baru ini turut menanggapi pernyataan dari Daniel Mananta yang menyebutkan bahwa ada jin atau roh jahat di dalam patung salib yang disembah oleh manusia, umat kristiani. 

Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

Hal itu membuat publik cukup penasaran dengan sosoknya yang mengklarifikasi dan menjelaskan secara detail mengenai pernyataan dari Daniel Mananta yang memang cukup kontroversial di mata publik. Berikut ini sosok Romo Ndeso yang namanya menjadi naik dan viral. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Sosok YouTuber Romo Ndeso

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

Daniel Mananta dan Romo Ndeso

Photo :
  • Kolase VIVA

Sosok yang juga dikenal dengan sebutan Romo Aba alias Yohanes Tabah Sapy Susanto MSC ini merupakan salah satu imam Katolik yang namanya eksis menjadi seorang YouTuber dengan nama channel Romo Ndeso dan telah memiliki sebanyak 102 ribu subscribers. 

Usai Jepang, Raffi Ahmad Bakal Ikut Lari Maraton ke Inggris dan Jerman

Pria kelahiran Kendari, 9 November 1986 ini diketahui memiliki ciri khas berbicara dengan tenang tapi serius dan menggunakan diksi yang bernas dan bertenaga. Dalam konten-konten video yang dibuatnya, Romo Aba bertujuan untuk berkatekese atau mewartakan iman Katolik. 

Romo Aba/Romo Ndeso

Photo :
  • tempusdei.id

Melalui kanal YouTube-nya tersebut, dirinya ingin membantu umat Katolik yang kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan praktis seputar iman mereka. Tak hanya itu saja, Romo juga sembari memberikan siraman-siraman rohani dalam videonya. 

Romo Aba ini kerap kali menanggapi berita-berita viral seputar iman Katolik baik dalam kehidupan konkret di masyarakat maupun pertanyaan-pertanyaan di dunia maya.

Imam berkacamata yang ditahbiskan pada 9 April 2016 di Gereja Katedral Manado ini juga merupakan imam yang masih muda ini menjadikan YouTube sebagai cara praktisnya untuk menjawab dan dapat menjangkau banyak pertanyaan dari orang-orang seputar iman Katolik. 

Alasan Romo Aba melakukan pelayanan melalui YouTube adalah murni karena ingin berkatekese. Bahkan jika diperhatikan, dirinya tidak memasang iklan apa pun pada semua video katekesenya di YouTube. 

Padahal dengan jumlah subscribers yang sudah mencapai ratusan ribu dan kemungkinan akan terus bertambah itu sangat memungkinkan dirinya bisa mendapatkan banyak uang. Namun, Romo tetap memegang teguh pada motivasi awalnya yang ingin mewartakan iman Katolik kepada banyak orang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya