Daniel Mananta Sempat Alami Depresi Berat dan Ngurung di Kamar Berbulan-bulan

Daniel Mananta
Sumber :
  • Instagram @vjdaniel

VIVA Showbiz – MC kondang Daniel Mananta mengaku pernah kehilangan suara lantaran karena ada tumor jinak di pita suaranya. Hal ini lantaran banyak job MC yang membludak dan ia memaksakan untuk terus bekerja.

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

Karena suaranya hilang, hingga mengecewakan kliennya ia sangat depresi. Saking depresinya, Daniel mengurung di kamar berbulan-bulan. Begini pengakuan Daniel Mananta.

Depresi suara sempat hilang

Mengejutkan! Banyak Calon Dokter Spesialis Alami Depresi, Kemenkes Ungkap Penyebabnya

Daniel Mananta

Photo :
  • YouTube Kasisolusi

Di masa kejayaannya, banyak job MC menghampiri Daniel Mananta. Ia pun selalu mengambil job tersebut hingga suaranya hilang karena ada tumor jinak di pita suaranya. Hal itu ia alami pada tahun 2012.

Usai Jepang, Raffi Ahmad Bakal Ikut Lari Maraton ke Inggris dan Jerman

Kita teriak abis-abisan itu ternyata pita suara kita itu rusak. Tipis banget dan itu gue paksain banget, gue gak pake diafragma, gue gak pake teknik apa-apa dan akhirnya ketika pita suara gue dipake terus abis-abisan, muncul lah tumor jinak di pita suara gue sehingga gue tidak bisa ngomong sama sekali,” ungkap Daniel dikutip dari kanal YouTube kasisolusi.

Kemudian Daniel langsung melakukan operasi dan harus puasa bicara selama tiga puluh hari. Namun di hari terakhir puasa, Daniel memiliki job MC dimana ia tak mau melewatkannya. 

Awalnya, dokter mengatakan bahwa suaranya akan kembali pulih. Namun kenyataannya pada saat nge-MC bersama Ayu Dewi waktu itu, suaranya masih hilang. Ia pun merasa tidak enak dengan kliennya. Mulai dari situlah ia merasa depresi.

Di situlah gue ngerasa depresi, karena disitu gue bukan hanya kehilangan suara ternyata tapi kehilangan identitas,” pungkas Daniel Mananta.

Ternyata sering banget kita mengkaitkan identitas kita sama karir kita. Sehingga ketika karir kita tidak ada, kita kehilangan identitas kita. Dan itu terjadi sama gue,” imbuhnya.

Ngurung di kamar berbulan-bulan

Daniel Mananta

Photo :
  • Instagram @vjdaniel

Saat itu Daniel Mananta sangat depresi karena harus kehilangan suara. Hal ini juga membuat dirinya juga kehilangan identitasnya sebagai presenter. Bahkan, ia mengurung diri di kamar berbulan-bulan karena depresi berat.

Itu bener-bener depresi banget. Gue nggak mau keluar rumah dan ini mungkin contoh depresi juga buat yang lagi nonton atau yang lagi dengerin, lu kayak lu begitu bangun tidur lu ngerasa kayak ‘aduh gila gue males banget nggak mau bangun dan lu tutup lagi pakai selimut kepala lu dan lu pengen coba tidur lagi. Yang penting hari ini lewat secepat mungkin karena lu udah males banget keluar dan melihat orang,” ujar Daniel Mananta.

Saya pikir ada beberapa bulan karena suara gue kan nggak balik-balik saat itu,” kata pria 41 tahun itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya