Terungkap, Kiat Ariel Tatum Cari Ketenangan Saat 'Kena Mental'

Ariel Tatum
Sumber :
  • instagram.com/arieltatum

VIVA Showbiz – Artis Ariel Tatum mengaku kerap merasa terganggu dengan orang di sekelilingnya yang tak sepemikiran. Meski nampak sepele, rupanya respons yang dilakukan bintang film Sayap-Sayap Patah tersebut justru membuat tingkat stresnya menjadi lebih tinggi hingga mengalami krisis mental.

Fix Putus, Nikita Mirzani Ngaku Alami Kekerasan Mental dan Fisik dari Rizky Irmansyah

Artis 26 tahun itu mengaku bahwa sebelum bisa mengenali masalah mentalnya, Ariel Tatum kerap menghindari orang-orang yang membuatnya merasa stres. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Lambat laun, mantan kekasih Ryuji Utomo itu menyadari sikapnya dan mulai memperbaiki kesalahannya dengan mengenali kebutuhan mentalnya.

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

"Ya sudah gue coba kenalan sama diri sendiri, apa yang bikin gue stres. Apa sumber stres kecil dalam kehidupan yang triggering aku," ujar pemilik nama lengkap Ariel Dewinta Ayu Sekarini, dalam sesi bicara di Idea Talks Surviving Mental Crisis, IdeaFest 2022, di JCC, Jakarta, Sabtu 26 November 2022.

Kendati begitu, pemeran dalam film Selesai itu kini menyadari bahwa dirinya seorang tak mampu mengendalikan orang di sekelilingnya.

Biar Gak Semakin Hancur, Pakar Kesehatan Mental Sarankan Ini pada Sandra Dewi

Ariel Tatum

Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Kontrol diri terhadap krisis mentalnya itu pun membantu membuat kedamaian dalam dirinya sehingga sikap Ariel Tatum menjadi lebih bijak.

"Ketika aku punya ketenangan dalam diriku, ketika apapun dari eksternal terjadi, aku bisa diam dulu sebentar untuk memberikan respons, bukan reaksi," tambahnya.

Ada pun menurut Ariel Tatum, respons yang diberikannya berbeda dengan reaksi terhadap sikap seseorang. Reaksi yang muncul biasanya tidak disadari dan terjadi spontan. Itu berbeda dengan respons yang dilakukan dalam kontrol dirinya.

"Reaksi itu hal yang tanpa kita sadari langsung kita lakukan. Tetapi kita merespons, ada sebuah pertimbangan dan kesadaran utuh akan apa yang kita lakukan," tambah Ariel Tatum.

Ariel Tatum

Photo :
  • IG @radepa.studio

Sebelumnya diberitakan, Dalam konser Ari Lasso bertajuk Kehidupan Ketiga, Ariel Tatum pun turut hadir dalam konser tersebut. Rupanya ada kisah haru di balik konsernya itu.

Ari Lasso mengatakan jika saat dirinya tengah berjuang melawan kanker limfoma, Ariel Tatum ingin menemani penyanyi legendaris itu di rumah sakit. Namun Ari Lasso menolak permintaannya lantaran saat itu masih pandemic COVID-19. 

Usai duet bersama Ari Lasso, Ariel Tatum justru menceritakan dirinya memiliki gangguan anxiety parah sejak duet dengan Ari Lasso untuk pertama kalinya saat usianya 16 tahun.

Ariel Tatum

Photo :
  • Instagram Ariel Shinta

Menurutnya, saat ia memutuskan kembali duet dengan Ari Lasso sejak duet pertama mereka 10 tahun yang lalu, Ariel Tatum mengaku tubuhnya bergetar sejak pagi hari.

Meski tidak merinci sejak kapan serta apa penyebab gangguan anxiety yang dialaminya, namun Ariel Tatum mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari hal tersebut. 

“Dari situ aku belajar untuk bangkit dari segala trauma dan juga masalah kesehatan mental dan sekarang ini aku di sini bahagia,” ungkap Ariel Tatum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya