Dua Lipa Resmi Berkewarganegaraan Albania

Dua Lipa
Sumber :
  • instagram @dualipa

VIVA Showbiz – Penyanyi Dua Lipa lahir di London, Inggris dari orang tua imigran Albania bernama Anesa dan Dukagjin Lipa. Ia dianggap turut mengharumkan nama Albania ke kancah internasional. Kendatii demikian, Dua Lipa diberikan hak kewarganegaraan Albania oleh Presiden Bajram Begaj. 

5 WN China Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan

Dilansir dari South China Morning Post, pemberian kewarganegaraan kepada Dua Lipa disahkan menjelang 110 tahun kemerdekaan Albania dari Kekaisaran Ottoman. Ia mengutarakan hal ini sebuah kehormatan karena Dua Lipa telah membuat orang Albania terkenal di mancanegara.

“Saya juga akan menjadi warga negara Albania dengan dokumen resmi di atas kertas,” tutur Dua Lipa sebelum mengambil sumpah kewarganegaraannya di Balai Kota Tirana

Eks Jenderal BAIS Ungkap Pola Rekrutmen Tentara Bayaran: Mirip Tawaran Jadi TKI Bergaji Tinggi

Dua Lipa.

Photo :
  • Instagram @dualipa

Bersama sang ayah, Lipa ikut mendirikan Sunny Hill Foundation pada tahun 2016 untuk mengumpulkan dana konser tahunan yang digelar di kampung halamannya di Kosovo. Uang tersebut akan disalurkan untuk orang-orang yang mengalami kesulitan finansial. 

UU India: Pengungsi Hindu dari Pakistan-Bangladesh Dapat Kewarganegaraan, Kecuali Muslim

Menjadi warga negara Albania menurut pelantun lagu Don’t Start Now ini adalah sebuah kebahagiaan. 

“Ini adalah kegembiraan yang tidak bisa digambarkan dengan penerimaan, cinta, dan segalanya,” tutur Lipa.

Penyanyi berusia 27 tahun ini kemudian mengambil foto paspor, sidik jari, dan menandatangani formulir aplikasi untuk identitas serta paspor. 

Ia juga mengunggah momen setelah mendapatkan status warga negara Albania di Instagram. Dalam unggahannya, Lipa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada sang presiden dan walikota Tirana dan menuliskan segelintir kalimat dalam Bahasa Albania.

“Terima kasih Presiden Bajram Begaj dan Walikota @erionveliaj atas kehormatan ini ~ saya mendapatkan kewarganegaraan Albania saya!! faleminderit, po ndihem shume krenare,” tulisnya dalam keterangan unggahan.

Tak hanya memegang kewarganegaraan Albania, Dua Lipa juga akan menyelesaikan tur tahunannya di Lapangan Skanderberg, Tirana pada 28 November 2022 untuk memperingati Hari Kemerdekaan. 

Dua Lipa mulai bernyanyi pada usia lima tahun. Bakat bermusik Lipa diturunkan dari ayahnya yang merupakan mantan penyanyi dan gitaris sebuah band rock. Ia mulai memposting lagu-lagunya di YouTube ketika masih berusia 14 tahun. Lipa pernah membawa pulang piala Grammy Awards sebagai Best New Artist pada tahun 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya