5 Deretan Artis Berjuang Melawan HIV/AIDS, No 3 dari Indonesia

Freddy Mercury
Sumber :
  • instagram

VIVA Showbiz – Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Desember. Peringatan tersebut diperingati untuk mengingatkan bahwa HIV/AIDS adalah penyakit yang belum ditemukan obatnya. Akan tetapi, bukan berarti mereka yang mengidap penyakit tersebut harus dijauhi. 

Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Rupanya terdapat sejumlah deretan artis yang mengidap penyakit HIV/AIDS tersebut dan berjuang melawannya, mulai dari artis Indonesia hingga luar. Lantas, siapa saja mereka? Yuk scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya.

1. Charlie Sheen 

Libur Lebaran Kasus Flu Singapura Meningkat, Kemenkes Minta Lakukan Ini untuk Pencegahan

Charlie Sheen

Photo :

Pada tahun 2015 lalu, Charlie Sheen mengakui dirinya yang selama empat tahun telah terjangkit HIV positif. Sakit kepala parah dialami Sheen dan bahkan mulanya ia mengira bahwa itu adalah tumor otak. Namun, perkiraannya salah dan ternyata dirinya divonis mengidap HIV. Selama bertahun-tahun Sheen telah berjuang melawan penyakit virus tersebut dengan melakukan perawatan. 

Intip Potret Outfit Para Artis di Hari Lebaran 2024, Pake Shimmer-shimmer Gak Ya?

2. Freddie Mercury

Freddie Mercury Bersama Kucingnya Bernama Tiffany

Photo :
  • hai.grid.id

Siapa yang tidak kenal dengan vokalis band Queen terkemuka yang satu ini? Freddie Mercury menjadi salah satu publik figur ternama yang didiagnosa mengidap penyakit HIV/AIDS. Namun, dirinya memutuskan untuk merahasiakan hal tersebut. 

Hingga pada akhirnya Freddie meninggal dunia pada 24 November 1991 karena komplikasi HIV/AIDS yang menyerang tubuhnya. Kabar mengejutkan tersebut diumumkan Freddy Mercury pada satu hari sebelum dirinya meninggal. 

Didi Mirhard adalah artis Indonesia yang namanya dikenal pada era 90-an. Dirinya menjadi artis Indonesia pertama yang mengaku mengidap AIDS. Mantan anggota tim bayangan softball Indonesia sekaligus model, bintang sinetron, iklan dan penyanyi tersebut harus merelakan puncak kariernya pada saat itu. Setelah selama 3 tahun sempat berjuang melawan virus mematikan tersebut, kondisi Didi semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia. 

4.Billy Porter 

Billy Porter

Photo :
  • Twitter/thebillyporter

Pada Mei 2021, secara mengejutkan Billy Porter mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis mengidap HIV pada 2007 lalu. Namun, hal itu dirahasiakannya karena takut industri hiburan tidak akan menerimanya lagi. Porter memutuskan untuk mengungkapkan penyakitnya tersebut, terutama bagi mereka yang telah kehilangan nyawa karena HIV/AIDS. Selain itu, ditambahkan juga oleh Porter bahwa dirinya justru merasa menjadi paling sehat dalam hidupnya. 

5. Jonathan Van Ness 

Jonatan Van Ness menjadi sorotan dengan seri "Queer Eye" pada 2018 lalu. Sebagai salah satu bintang yang menonjol dalam seri tersebut, pakar perawatan diri yang diprofilkan oleh The New York Times pada 2019 mengungkapkan bahwa sang aktor terdeteksi positif HIV. Sejak saat itu, Jonathan, Van Nessberusaha dan berjuang untuk menghilangkan keyakinan bahwa diagnosis HIV adalah hukuman mati bagi dirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya