Serba-serbi Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Ratusan Andong dan Becak Dikerahkan

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Instagram @erinagudono / @kaesangp

VIVA Showbiz – Putra bungsu Presiden Joko Widodo yakni Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan menggelar pesta pernikahan pada beberapa hari lagi, tepatnya Sabtu, 10 Desember 2022 di kota Solo.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Tanggal pernikahan yang semakin dekat di depan mata, membuat seluruh pihak dari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono lebih berhati-hati dan matang dalam mempersiapkan hari bahagia keduanya.

Tak ingin ada yang kurang maupun terlewat dalam menggelar sebuah acara sakral pesta pernikahan Kaesang dan Erina, pihak keluarga dari Presider Joko Widodo pun nampak sudah hadir untuk melihat sejauh mana persiapan hari bahagia keduanya itu.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Kaesang dan Erina gunakan konsep prewedding dengan pakaian adat Lampung

Photo :
  • Instagram @kaesangp

Bahkan,  acara pernikahan keduanya yang bakal digelar di Yogyakarta dan Surakarta ini sudah terlihat banyak aparat setempat yang terlihat sibuk mempersiapkan berbagai kebutuhan agar acara yang disebut-sebut akan menjadi pesta rakyat ini berjalan sukses, lancar, dan penuh makna.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Pasalnya, di hari bahagia pernikahan Kaesang dan Erina pada beberapa hari lagi ini dijamin bakal menyedot perhatian publik khususnya warga sekitar kota Solo. 

Jadi dari dua belah pihak keluarga mempelai pengantin, baik pria dan wanita ingin memberikan suguhan yang terbaik di pesta pernikahan Kaesang dan Erina.

Hingga menjelang hari H, pemberitaan terkait pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih mencuri perhatian dan sorotan publik maupun sejumlah warganet di dunia maya.

Bahkan, serba-serbi pernikahan keduanya pun terus mencuri perhatian. Mulai dari siapa saja yang terlibat, rangkaian acara, hingga hal-hal menarik lainnya yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa untuk menggelar acara sakra pernikahan Kaesang dan Erina Gudono.

Duh jadi penasaran seperti apa serba-serbi pernikahan Kaesang dan Erina! Daripada penasaran, intip serba-serbinya berikut ini yang sudah kami rangkum.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • IG @kaesangp

Dikabarkan bakal ada dua menteri Jokowi yang akan diutusnya menjadi saksi di pernikahan putra bungsunya bersama Erina Gudono. Sebut saja mereka adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan PUPR Basuki Hadimuljono.

Kaesang dan Erina gunakan konsep prewedding dengan pakaian Bali

Photo :
  • Instagram @kaesangp

Sesuai rangkaian dan susunan acaranya, akad nikah Kaesang dan Erina Gudono bakal diselenggarakan di Pendopo Agung Royal Ambarukmo di Sleman, Yogyakarta. Namun untuk acara resepsinya sendiri rencannya bakal digelar di Pura Mangkunegaran, Surakarta.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ziarah menjelang pernikahan.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digadang-gadang bakal menggelar bak pesta rakyat yang turut diramaikan oleh beberapa seniman asal Solo dan Yogyakarta. Tidak hanya itu, sepanjang rute kirab akan dipasangkan sebuah panggung hiburan untuk tamu undangan maupun warga sekitar.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Photo :
  • Instagram @kaesangp

Adanya kirap ataupun iring-iringan menyambut pernikahan Erina dan Kaesang bakal berlangsung dari Loji Gandrung ke lokasi acara resepsi, tepatnya di Pura Mangkunegaran.

Gladi kirab pengantin Kaesang dan Erina.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

Menariknya lagi, pesta pernikahan keduanya ini bakal diramaikan oleh 12 kereta kencana serta kuda. Tidak hanya kuda, bahkan ratusan andong maupun becak pun bakal dikerahkan dari sejumlah kabupaten di sekitar Surakarta. Hal ini bertujuan untuk membawa para tamu undangan ke acara resepsi ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

Jokowi ajak Jan Ethes naik andong di Yogyakarta

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Lebih kerennya lagi, putra bungsu Joko Widodo ini tidak menerima amplop maupun sumbangan untuk pernikahannya tersebut. Hal ini diungkapkan langsung oleh sang ayah Joko Widodo dalam statusnya belum lama ini.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual pada acara peringatan HUT ke-49 Korpri.

Photo :
  • ANTARA

Semua tamu undangan yang hadir di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina harus menggunakan batik motif parang, hal tersebut telah diatur dalam adat Mangkunegaran.

Ilustrasi pakaian batik.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

Menurut Kepala Kantor Urusan Agama Muhammad Wiyono, seperangkat alat salat dan uang tunai menjaid mas kawin Kaesang untuk meminang tambatan hatinya, Erina Gudono.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal menjalani Pingitan

Photo :
  • Instagram: Kaesangp

Dalam rangkaian pesta pernikahan Kaesang dan Erina, Erick Tohir selaku Menteri BUMN juga turut berpartisipasi dalam mempersiapkan acara sakral tersebut. Hal tersebut dilakukan Erick lantaran sudah menganggap Kaesang seperti keponakannya sendiri. Erick Tohir berperan sebagai panitia dalam resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

Ketua INASGOC, Erick Tohir.

Photo :
  • Bayu Nugraha

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya