Asal Usul Lord Rangga, Pentolan Sunda Empire yang Meninggal Dunia

Lord Rangga Sunda Empire di Depan Gedung DPR.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Showbiz – Kabar duka baru saja datang dari petinggi Sunda Empire yakni Rangga Sasana atau yang kerap disapa dengan Lord Rangga yang dinyatakan meninggal dunia pada hari ini Rabu, 7 November 2022 pukul 05.39 pagi.

Kontroversi Vina: Sebelum 7 Hari, LSF Ungkap Alasan Lolos Sensor

Ki Ageng Ranggasasana menghembuskan nafas terakhirnya di usia 55 tahun. Lord Rangga diketahui meninggal dunia usai dirinya mendapatkan perawatan di RS Mutiara Bunda Tanjung Brebes, Jawa Tengah.

Hingga tulisan ini dibuat belum diketahui penyebab Lord Rangga meninggal, namun berdasarkan keterangan orang yang kenal dekat dengan pemilik nama Edi Raharjo ini meninggal karena sakit.

Seungri Kembali Dikecam atas Perilakunya pada Kim Se Jeong di Acara Salty Tour

Kepergian Lord Rangga yang merupakan mantan pemimpin kerajaan Sunda Empire pun lantas membuat publik jadi penasaran dengan sosoknya. 

Lord Rangga Sunda Empire di Depan Gedung DPR.

Photo :
  • istimewa
Deretan Kontroversi Presiden Iran Ebrahim Raisi yang Tewas Akibat Kecelakaan Helikopter

Bahkan berita terkait meninggalnya Edi Raharjo atau Rangga Sasana ini langsung jadi trending topic di media sosial Twitter dengan tagar Innalillahi.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Lord Rangga dan dari mana asal usulnya? Scroll terus untuk membaca ulasan selengkapnya.

Asal Usul Lord Rangga

Lord Rangga atau Rangga Sasana merupakan pria kelahiran 12 September 1967 asal Brebes, Jawa Tengah.  Pria yang dikenal sebagai petinggi Sunda Empire ini berasal dari Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 

Melansir dari laman Wikipedia, Wamadiharjo, anggota DPRD Kabupaten Brebes yang juga warga Grinting dan mengaku kenal dengan sosok Rangga ini membeberkan bahwa Rangga Sasana atau Lord Rangga ini ternyata memiliki nama asli Edi Raharjo. 

Petinggi Sunda Empire Raden Rangga Sasana

Photo :
  • Andry Daud/ VIVAnews.

Di kalangan masyarakat sekitar tempat asalnya, Rangga dikenal memiliki gelar profesor. Kendati mendapat gelar profesor yang tersemat pada nama Lord Rangga, namun nyatanya masyarakat sekitar tempat asalnya tinggal tidak ada yang mengetahui persis apa pekerjaannya.

Hal tersebut dikarenakan, sosok Lord Rangga jarang sekali berada di kampung halamannya, yakni Brebes. Dia lebih sering berada di luar kota untuk menghabiskan aktivitasnya. 

Kepala Desa setempat tepatnya di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Suhartono, mengatakan bahwa Rangga lahir dan dibesarkan di Grinting. 

Hanya saja, sudah sejak lama Rangga meninggalkan kampung halamannya. Namun, keterangan berbeda justru turut disampaikan oleh salah satu tetangga orang tua Lord Rangga, Lilis.

Menurut tetangganya tersebut, Rangga masih sering terlihat di kediaman orang tuanya sekitar sepekan sebelum Rangga ramai diperbincangkan. 

Di Grinting, Lord Rangga ini ternyata hanya tinggal bersama ibu dan adik perempuannya.  Petinggi Sunda Empire ini memiliki pendidikan yang berasal dari Sekolah Pertanian Menengah (SPM) yang terletak di Baros dan resmi dinyatakan lulus pada tahun 1980-an. 

Namanya pun semakin ramai diperbincangkan, setelah dirinya menjadi pentolan dari Sunda Empire. Di mana Sunda Empire-Earth Empire ini sendiri merupakan sebuah perkumpulan yang mengklaim diri pada romantisisme sejarah pada masa lalu.

Semua yang bergabung di dalam perkumpulan tersebut mencita-citakan kerajaan Sunda akan kembali menjadi besar seperti pada masa Tarumanegara. Lord Rangga semakin meroket usai menjadi narasumber Indonesia Lawyers Club di TV One pada 21 Januari 2020 yang lalu. 

Rangga hadir sebagai sosok pentolan alias petinggi dari Sunda Empire. Rangga juga kerap mengungkapkan berbagai pernyataan-pernyataan yang sangat kontroversial.

Seperti salah satunya, dia pernah mengungkapkan bahwa Sunda Empire mampu menyelamatkan bumi dan mampu menghentikan perang nuklir. Namun ternyata, jauh sebelumnya dirinya bergabung dalam Sunda Empire, Rangga Sasana pernah menjadi Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia pada 2011-2016 yang silam. 

Kepopulerannya hingga Berhasil Diundang di Berbagai Acara

 Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana atau Lord Rangga (kiri)

Photo :
  • Youtube Deddy Corbuzier

Petinggi Sunda Empire ini nyatanya pernah merasakan asamnya tinggal di balik jeruji besi beberapa waktu lalu. Karena hukumannya tersebut, Lord Rangga harus mendekam di bui selama 2 tahun lamanya. Hal tersebut dikarenakan, dirinya menyebarkan berita bohong.

Tak sendirian, Lord Rangga yang ditemani Nasri Banks selaku Perdana Menteri Sunda Empire, Rangga disangkakan Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang menyebarkan berita bohong hingga menimbulkan keonaran. Ia ditangkap pada 28 Januari 2020 yang lalu.

Namun belum dua tahun sesuai dengan ancaman hukumannya, Lord Rangga justru sudah menghirup udara segar pada tahun 2021. Kebebasannya tersebut dipertimbangkan karena kelakuan baiknya selama di dalam bui, hingga dirinya  dapat revisi dan asimilasi berkaitan dengan pandemi COVID-19.

Usai dirinya menghirup udara segar dari luar jeruji bersi, Lord Rangga atau Rangga Sasana ini malah kerap diundang berbagai podcast YouTube selebriti hingga sejumlah acara di televisi hanya untuk diwawancarai. 

Lord Rangga dan Aldi Taher

Photo :
  • Instagram @alditaher.official

Seperti salah satunya kanal YouTube Karni Ilyas, Deddy Corbuzier, komika Coki Pardede hingga Tretan Muslim. Lord Rangga sering dikenal sebagai sosok petinggi Sunda Empire yang kerap mengungkapkan teori-teori konspirasi yang mengejutkan dan tak masuk akal. 

Demikian sedikit asal usul Lord Rangga yang menarik untuk diketahui. Berikut ini kami tambahkan informasi terkait profil dari petinggi Sunda Empire ini.

Profil Lord Rangga

Nama: Ki Ageng Ranggasasana
Nama Populer: Lord Rangga
Tempat Tanggal Lahir: Brebes, 12 September 1967
Meninggal Dunia: 7 Desember 2022 (di usia 55 tahun)
Agama: Islam
Pasangan: Ratu Queen Kiki Haryati Marwah Ranggasasana


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya