Jelang Nikah, Erina dan Keluarga Lakukan Gladi Upacara Adat Jawa di Rumahnya

Erina Gudono
Sumber :
  • IG @erinagudono

VIVA Showbiz – Akad nikah antara Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar di Pendopo Agung Royal Ambarukmo pada Sabtu 10 Desember 2022 mendatang. Sebelum akad nikah, akan ada sejumlah upacara adat Jawa yang akan diselenggarakan. Upacara adat Jawa ini sebagian digelar di kediaman Erina Gudono yang ada di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY.

Gerindra Jaring Nama-nama Maju Pilkada DIY: Erina Gudono, Kaesang Pangarep hingga Cucu Sultan HB X

Untuk mempersiapkan pelaksanaan sejumlah upacara adat ini, Erina Gudono dan keluarganya melakukan gladi. Gladi ini dilaksanakan pada Rabu 7 Desember 2022 malam. Scroll selanjutnya ya.

Gladi yang diikuti Erina dan keluarga ini dipandu oleh Wigung Wratsangka yang merupakan pemilik Pengantin Production yang menjadi wedding organizer pernikahan Kaesang dan Erina Saat gladi itu, Erina terlihat memakai kaus berwarna hitam dengan bawahan kain jarik. Selain itu Erina juga nampak menggeraikan rambutnya dan memakai kacamata.

Terkait Dugaan Pelecehan Seksual, Polisi Panggil Mantan Ketua DPD PSI Jakbar

Dalam gladi ini, Erina nampak melakukan sejumlah adegan diantaranya adalah sungkem kepada orang tuanya, hingga upacara langkahan. Wigung mengatakan gladi bersih yang digelar ini merupakan gambaran pelaksanaan dari sejumlah upacara adat Jawa yang akan dilakoni oleh Erina.

Gibran soal Kaesang Masuk Bursa Cagub DKi Jakarta

Wigung menjelaskan gladi diawali dengan upacara adat majang tarup kemudian dilanjut dengan upacara adang sepisan dan cethik geni. Kemudian ada upacara langkahan yang dilakukan oleh Erina. Wigung menjelaskan dalam tradisi Jawa, upacara langkahan harus dilakukan karena Erina mendahului kedua kakaknya yang belum menikah.

"Setelah langkahan ada sungkeman. Sungkem kepada orang tua dan sesepuh dari keluarga. Kemudian ada juga siraman. Siraman ini akan dilakukan oleh tujuh orang sesepuh," tutur Wigung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya