Alasan Erina dan Kaesang Lakukan Siraman Gunakan 7 Air Sumber Berbeda

Erina Gudono
Sumber :
  • IG @erinagudono

VIVA Showbiz – Erina Gudono dan Kaesang Pangarep akan segera melepas masa lajangnya. Keduanya akan menggelar akad nikah pada Sabtu 10 Desember 2022 di Sleman Yogyakarta.

Gibran soal Kaesang Masuk Bursa Cagub DKi Jakarta

Sehari jelang prosesi akad nikah, baik Kaesang Pangarep maupun Erina Gudono akan menjalani sejumlah rangkaian prosesi adat Jawa pada hari ini. Pagi ini pukul 09.00 Erina dan Kaesang akan menjalani prosesi siraman. Scroll selanjutnya.

Prosesi siraman Erina akan digelar di rumah Erina di Dusun Purwosari, Sleman Yogyakarta, sementara prosesi siraman Kaesang akan digelar di kediaman Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah.

PSI Jagokan Kaesang dan Grace Natalie di Pilgub DKI Jakarta

Erina Gudono

Photo :
  • IG @erinagudono

Menjelang prosesi siraman hari ini, air siraman untuk Kaesang Pangarep dikirimkan ke Solo usai pengajian di rumah Erina Gudono, Kamis 8 Desember 2022. Dua orang ditunjuk untuk mengirimkan air siraman tersebut, yaitu tetua lingkungan, Sri Roso Sudarmo dan Hendra Prasojo.

Survei Kandidat Potensial Pilkada Solo Mengerucut pada Tiga Nama, Kaesang Nomor 3

Sri Roso Sudarmo mengatakan mewakili keluarga Sofiatun Gudono dan keluarga besar, ia akan datang ke calon besan, Joko Widodo di Solo.

Air siraman tersebut berasal dari tujuh sumber mata air, termasuk dari rumah Erina dan Kaesang. Lantas mengapa harus berasal dari tujuh sumber mata air untuk prosesi siraman pagi hari ini?

Air Siraman Pengantin.

Photo :
  • U-Report

Terkait hal itu, Pelaku seni budaya Jawa, Faisal Noor Singgih angkat bicara.

"Kalau sesungguhnya untuk siraman manten bisa dari satu sumber. Namun untuk masyarakat jawa biasanya menggunakan 7 sumber," kata dia mengutip tayangan Apa Kabar Indonesia Pagi TVOne, Jumat 9 Desember 2022.

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Faisal Noor Singgih, karena tujuh dalam khazanah budaya Jawa memiliki arti tersendiri. Sehingga yang diinginkan dari sumber-sumber yang terpilih itu akan memberikan aura tersendiri calon mempelai ketika siraman.

Kaesang

Photo :
  • IG @kaesangp

"Jadi kalau dalam khazanah Jawa 7 itu pitu bisa berarti pertolongan," kata dia.

Sebagai informasi, yang diberitakan pada Apa Kabar Indonesia Pagi TvOne, untuk hari ini Erina Gudono akan menggelar beberapa acara mulai dari pemasangan Bleketepe, siraman, prosesi langkahan di Sleman Yogyakarta.

Selanjutnya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah secara resmi mendaftarkan pernikahan mereka yang rencananya dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, pada 10 Desember mendatang. Sementara itu, Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah, dipilih untuk menjadi lokasi acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina. Acara tersebut akan digelar sehari setelah akad nikah pada Minggu, 11 Desember mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya