Kaesang-Erina Pakai Dodot Surakarta di Kirab Pengantin, Ini Maknanya

Kaesang-Erina mengenakan busana adat Dodot Surakarta di Kirab Pengantin
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Showbiz – Kirab pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar di Loji Gandrung, Solo sedang berlangsung hari ini, Minggu 11 Desember 2022. Bertepatan dengan ulang tahun Erina Gudono, pasangan suami istri itu nampak memakai dodot Surakarta yang penuh makna.

Momen Akrab Ganjar-Mahfud MD saat Hadiri Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Putra Mustofa Aqil Siroj

Sejak pukul 7.45 WIB di Loji Gandrung, Solo, pasangan pengantin baru mulai bersiap dan berjalan di atas karpet menuju ke arah luar Loji Gandrung.

Menurut Ketua DPD HARPI MELATI, sekaligus ahli perias wajah, Listiani sintawati, bahwa riasan adatnya memakai gaya adat Surakarta. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Rumah Caleg PSI Ludes Terbakar Saat Ngunduh Mantu, Uang Tunai Rp100 Juta Ikut Hangus

"Riasan adat dengan tata rias gaya surakarta. Menggunakan gaya surakarta dengan pipi warna hijau, songkang yang terbuat dari rajangan daun pandan," ujarnya dalam program Apa Kabar Indonesia Akhir Pekan tvOne, Minggu 11 Desember 2022.

Prosesi adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno
Momen Denny Caknan dan Bella Bonita Ciuman saat Ngunduh Mantu

Ada pun untuk riasan wajahnya, Erina Gudono nampak begitu anggun dengan pulasan lipstik berwarna merah. Sementara itu, rambutnya disanggul rapi dengan aksesori khas Jawa yang mencuatkan bunga melati dengan makna mendalam.

"(Rambut) Ditutup teplok melati. Pentul 9 itu ada mataharinya, bunganya, kukunya, ada gajahnya," tuturnya.

Diakui Lis, begitu banyak makna dari keseluruhan pakaian adat yang digunakan saat prosesi kirab pengantin itu.

Namun secara keseluruhan, hal itu bermakna untuk membuat acara pernikahan sakral, suci dan diharapkan memberi cinta mendalam bagi pengantin hingga masa mendatang.

"Sebetulnya banyak sekali filosofi yang tersirat karena tentunya semua mempunyai, apa yang dipakai pengantin mengandung makna," tandasnya.

Kaesang-Erina mengenakan busana adat Dodot Surakarta di Kirab Pengantin

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Sebelumnya diberitakan, Pasangan suami istri sekaligus anak dan menanti Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erino Gudono akan segera melangsungkan prosesi terakhir dari rangkaian adat pernikahan.

Usai kemarin melangsungkan akad nikah dan resepsi, Kaesang dan Erina akan menggelar prosesi kirab di Solo. Kirab merupakan istilah yang digunakan saat pengantin meninggalkan panggung pelaminan untuk berganti pakaian.

Ini adalah rangkaian terakhir dari serangkaian panjang ritual dan prosesi pernikahan adat Jawa lengkap beserta makna dari masing-masing prosesi.

Kirab ini dimaksudkan untuk 'menyambut' Erina Gudono oleh warga Solo yang sudah resmi menjadi menantu Presiden Jokowi. Tak heran, serangkaian gelaran Kirab ini digelar sebagai hiburan untuk rakyat sekitar dengan dimulai sejak pagi.

Kereta kencana pengantin Kaesang dan Erina saat prosesi kirab adat

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodik (Solo)

Berdasarkan pantauan siaran langsung di ANTV, kepadatan warga yang hendak melihat langsung prosesi kirab tersebut sudah terpantau sejak pukul 6 pagi.

Di gelaran ini, warga tak sekedar melihat namun dapat menikmati hiburan yang terdiri dari 9 panggung hiburan rakyat serta pembagian belasan ribu makanan untuk sarapan secara gratis!

"Belasan ribu paket makanan juga dibagikan secara gratis mulai pukul 8 pagi. Persiapan sejak pukul 4 pagi. Bukan 1 jenis tapi berbeda-beda," tutur salah satu host ANTV sembari menyisir area.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya