Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang untuk 'Uri-Uri Budaya', Ini Penjelasan Presiden Jokowi

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dalam upacara ngunduh mantu di Loji Gandrung,
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Showbiz – Hari ini Kaesang dan Erina menjalani prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung, Minggu, 11 Desember 2022. Jokowi menyampaikan pesan khusus tentang alasannya menggelar tradisi ngunduh mantu. 

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Jokowi sebelum acara ngunduh mantu secara singkat menjelaskan keluarganya ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono sekaligus nguri-nguri kebudayaan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

"Kami nguri-nguri kebudayaan, merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan. Karena budaya adalah warisan para leluhur kami. Oleh sebab itu, mengenalkan budaya merupakan kewajiban, mencintai budaya adalah kewajiban kami bersama," ujarnya.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Jan Ethes mengatakan selamat kepada pamannya Kaesang yang menikah dengan Erina. Jan Ethes gandengan tangan dengan Presiden Jokowi tiba di Loji Gandrung, Solo sekitar pukul 07.22 WIB.

Tradisi ngunduh mantu berlangsung sekitar satu jam, di antaranya ‘tumplak punjen’ dan menyebar ‘udik-udik’.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Presiden Joko Widodo bersama istrinya Iriana dan putra serta menantu dan cucu-cucunya berbicara kepada wartawan tentang esensi upacara ngunduh mantu Kaesang Pangarap dan Erina Gudono di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Minggu, 11 Desember 2022.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Keluarga Jokowi dan Erina Gudono mengenakan konsep busana Solo klasik.

Busana lelaki beskap beludru warna blue black dengan aksen motif bunga di bagian tengah, leher dan bagian  bawah. Sementara wanita mengenakan kebaya solo klasik bahan beludru blue black dengan aksen motif bunga.

Kaesang-Erina mengenakan busana adat Dodot Surakarta di Kirab Pengantin

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Dua anak dan dua mantu Jokowi Iriana tampak hadir di acara itu. Sementara dari keluarga Erina adalah sang ibunda, Sofiatun Gudono dan kakak Erina, Allen Gudono.  

Sementara cucu-cucu Jokowi yang mengenakan busana Solo klasik adalah Jan Ethes, Sedah Mirah dan La Lembah.

Al Nahyan ketika masuk ke Loji Gandrung awalnya mengenakan beskap, namuan saat hendak tumplak punjen menggunakan kaos. Bahkan tampak ia menggunakan kaos singlet seperti saat acara siraman.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah melangsungkan akad nikahnya di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Sabtu 10 Desember 2022. Saat akad nikah, Kaesang dan Erina memberikan suvenir kepada para tamu undangan.

Dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina ini kental dengan tradisi pernikahan dengan adat Jawa terutama gaya Yogyakarta. Sejumlah prosesi pernikahan dengan adat Jawa gaya Yogyakarta ini dilakukan oleh Erina.

Prosesi pernikahan adat Jawa yang dilakukan Erina ini diantaranya ada pingitan, pemasangan bleketepe, adang pisan, cethik geni, midodareni hingga panggih.

Deretan serangkaian acara di Yogyakarta tersebut pun telah diselenggarakan dengan lancar. Baik itu akad nikah, maupun prosesi-prosesi sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya