Soimah Salut Pernikahan Kaesang-Erina Kental Adat Budaya Jawa

Soimah hadiri acara resepsi ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodik (Solo)

VIVA Showbiz – Sejumlah tamu undangan menghadiri tasyakuran resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sesi malam yang digelar di Pura Mangkunegaran.

Bobby Nasution dan Kaesang Maju Pilkada, Djarot PDIP Ingatkan Jokowi soal Abuse of Power

Pantauan VIVA sejumlah kalangan selebriti Tanah Air tampak menghadiri tasyakuran resepsi pernikahan Kaesang dan Erina pada Minggu malam, 11 Desember 2022.

Beberapa artis yang hadir di antaranya Soimah, Cak Lontong, Yovie Widianto, Atta Halilintar dan lainnya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Djarot PDIP Sindir Jokowi: Presiden Satu-satunya yang Anak-Menantu Terlibat Aktif Politik

Bahkan, pesinden dan penyanyi kondang Soimah mengaku prosesi pernikahan yang digelar keluarga Presiden Jokowi sangat luar biasa.

PBNU Soal Pengelolaan Tambang: Itu Halal, Tidak Haram Sama Sekali

Tidak hanya saat prosesi akad pernikahan di Yogyakarta, tetapi saat ngunduh mantu hingga kirab pengantin lekat dengan nuansa penuh adat.

“Di Jogja kemarin juga menggunakan prosesi adat, begitu juga di Solo menggunakan adat Solo. Dua-duanya sangat luar biasa keren,” kata dia.

Soimah mengaku mengikuti seluruh rangkaian upacara prosesi pernikahan Kaesang dan Erina melalui layar kaca. Ia pun sangat takjub karena pernikahan tersebut tidak hanya mengundang para pejabat tetapi juga melibatkan kalangan masyarakat.

Soimah hadiri acara resepsi ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodik (Solo)

“Itu yang luar biasa. Kalau yang saya tahu, saya melihat presiden mantu yang melibatkan mungkin rakyat dan tetangga kanan kiri diundang ikut merasakan kebahagian keluarga pernikahan Kaesang dan Erina,” ucapnya.

Adanya pernikahan Kaesang dan Erina yang kental dengan tradisi adat itu juga memberikan pelajaran dan wawasan terkait rangkaian prosesi adat yang dilakukan selama acara pernikahan.

“Jadi dengan adanya pernikahan Kaesang-Erina kita bisa sambil belajar juga. Mana yang tidak tau jadi tau,” kata dia.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah melangsungkan akad nikahnya di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Sabtu 10 Desember 2022. Saat akad nikah, Kaesang dan Erina memberikan suvenir kepada para tamu undangan.

Dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina ini kental dengan tradisi pernikahan dengan adat Jawa terutama gaya Yogyakarta. Sejumlah prosesi pernikahan dengan adat Jawa gaya Yogyakarta ini dilakukan oleh Erina.

Prosesi pernikahan adat Jawa yang dilakukan Erina ini diantaranya ada pingitan, pemasangan bleketepe, adang pisan, cethik geni, midodareni hingga panggih.

Deretan serangkaian acara di Yogyakarta tersebut pun telah diselenggarakan dengan lancar. Baik itu akad nikah, maupun prosesi-prosesi sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya