Setop Nafkahi Adik, Via Vallen: Membantu Saudara Harus, Tapi Ada Batasnya

Via Vallen.
Sumber :
  • Instagram @viavallen

VIVA Showbiz – Pedangdut Via Vallen baru-baru ini dikabarkan tengah berseteru dengan adik-adiknya karena ia berhenti memberikan mereka 'uang jajan' secara rutin. Akan tetapi, pelantun lagu Sayang itu mengklarifikasi bahwa cerita yang ia beberkan sebelumnya terjadi sudah lama sebelum menikah.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

"Aku mau jawab beberapa pertanyaan temen temen netizen disini yaa. Caption kemaren tuh cerita lama dari sebelum aku nikah, aku stop jatah bulanan juga udah dari lama, mungkin sebelum covid. Jadi bukan pas aku udah nikah yaa," tulis @viavallen di Instagram, dikutip VIVA, Minggu 18 Desember 2022. Scroll untuk info selengkapnya.

Via Vallen juga merasa bersalah karena ia terlalu memanjakan adik-adiknya dengan penghasilan yang didapatkan sebagai artis. Berkaca dari masa lalunya yang hidup serba kekurangan, Via Vallen tidak ingin adik-adiknya mengalami kesulitan yang sama.

Keluarga Lettu Agam Buka Suara soal Isu Perselingkuhan yang Viral di Medsos

"Oke, dari awal mungkin aku yg salah, karena aku dari keluarga susah, bahkan untuk kuliah aja aku ga ada biaya, pas aku punya uang ya aku gak mau adek2ku juga susah kaya aku," kata Via Vallen.

Via Vallen dan Chevra Yolandi.

Photo :
  • Instagram @viavallen.
Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Bahuri Pernah Minta Uang Rp50 Miliar

Akan tetapi, hal tersebut justru menjadi bumerang bagi Via Vallen yang merasa adik-adiknya menjadi malas dan selalu mengandalkan dirinya. Adik-adik Via semakin terlena dengan harta yang merupakan hasil kerja kerasnya selama ini.

Via Valen pun menekankan bahwa wujud kasih sayang terhadap orangtua dan keluarga bukan hanya soal materi. Ia juga menyadari jika terus-terus memfasilitasi keluarganya dengan materi yang melimpah, mereka justru akan terlena dan tidak ada motivasi untuk maju.

"Guys, bentuk sayang dan peduli bukan melulu soal materi yg akhirnya bikin MANJA. Kita suapin duit terus kalo anaknya gak punya keinginan untuk maju yg ada malah ngerusak masa depannya," ujar Via.

Istri Chevra Yolandi itu menyebutkan bahwa adik-adiknya itu juga harus memiliki tanggung jawab masing-masing untuk diri mereka, mengingat mereka juga memiliki masa depan dan akan berkeluarga sehingga tidak bisa selamanya bergantung pada anggota keluarga lainnya.

Meski berhenti memberikan dukungan finansial kepada adik-adiknya, Via Vallen mengaku tetap membantu kedua orangtuanya dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Via Vallen.

Photo :
  • Instagram @viavallen.

"Tapi kalo ditanya gimana aku ke orang tua? Masih sama dan gak akan berubah, sampe skrg apapun yg orang tuaku butuhin ya aku penuhin, karena kalo bukan kita anaknya, siapa lagi?" lanjutnya.

Sementara itu, keputusan Via Vallen berhenti memanjakan keluarganya adalah karena ia ingin mematahkan stigma masyarakat soal tanggung jawab anak pertama yang harus menjadi panutan keluarga dan menanggung beban paling besar.

"Di sini aku cm pengin memutus stigma tentang anak pertama harus menanggung beban keluarga / anak yg paling sukses WAJIB menafkahi adek2nya, yang harus kita lakukan adalah memberi KAIL berikut UMPAN bukan IKANnya, kalo udah di beri KAIL & UMPAN (MODAL) masih gitu aja ya coba biarin mereka kenal dunia luar," ungkapnya.

Via Vallen juga ingin memberikan pelajaran kepada adik-adiknya agar mereka bisa mandiri termasuk dalam hal mencari pekerjaan. Meskipun sebagai publik figur yang memiliki banyak kenalan, Via Vallen tidak mau memberikan pekerjaan kepada adik-adiknya secara cuma-cuma.

"Mereka harus punya kemauan untuk maju, mau belajar dan mau, capek. Biar mereka tau gmn susahnya cari uang dan tau arti tanggung jawab,” sambungnya.

Setelah kejadian itu, kini Via Vallen dan adik-adiknya sudah berdamai. Mereka bahkan sudah berubah jauh lebih baik dan menjadi orang-orang yang bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Perubahan itu juga terjadi berkat peran orangtua Via yang secara bijaksana menjadi penengah di antara mereka.

Via Vallen.

Photo :
  • Instagram/viavallen

Via Vallen pun menutup curhatannya dengan harapan supaya para anak pertama di luar sana yang memiliki pengalaman seperti dirinya bisa diberikan kesabaran, kelapangan rezeki, dan kesadaran bagi anggota keluarganya.

Kemudian, melalui Instagram Story, Via Vallen juga menuliskan pesan kepada para netizen bahwa tentang batasan dalam membantu orang lain.

"Membantu saudara itu HARUS. Tapi inget, semua ada batasnya biar ga MANJA. Tapi kalo selama ini apapun pemberianmu TIDAK DIHARGAI karena dianggep sudah KEWAJIBAN kamu dalam hal menafkahi mereka, bahkan sampe berani MUSUHI kamu. Mending di STOP dulu biar gak makin ngelunjak," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya