Ujaran Kebencian di Los Angeles Meningkat, Pihak Berwajib Ikut Salahkan Kanye West

Adidas bekerjasama dengan Yeezy milik Kanye West
Sumber :
  • BBC.com

VIVA Showbiz – Laporan kejahatan kebencian atau hate crime di seluruh Los Angeles naik 13% dari tahun lalu, menurut Kepala Kepolisian Los Angeles (LAPD) Michel Moore, yang mengatakan dia yakin retorika yang menghasut di media sosial berkontribusi terhadap peningkatan tersebut.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Statistik baru, yang dipresentasikan pada pertemuan Komisi Kepolisian hari Selasa pekan lalu, menunjukkan bahwa dengan kurang dari dua minggu tersisa di tahun ini, kota tersebut hampir pasti akan melampaui total 615 kejahatan rasial yang dilaporkan pada tahun 2021. 

Melansir Los Angeles Times, penghitungan itu adalah yang terbanyak di antara wilayah metropolitan AS yang besar, dan total tahunan tertinggi ketiga di kota AS mana pun sejak tahun 1970-an.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Ilustrasi cyberbullying.

Photo :
  • radicalparenting.com

Sejauh ini di tahun 2022, kejahatan terhadap kaum LGBTQ telah meningkat menjadi 30 dari 19 pada saat ini tahun lalu, sementara kejahatan terhadap orang Yahudi telah melonjak dari 72 menjadi 88. 

Anti-Islam Meningkat Pesat di India Gegara Ini

Namun seperti di kota-kota besar lainnya, LAs tetap menjadi kelompok yang paling disasar, menurut departemen tersebut. Jumlah insiden terkait kebencian yang melibatkan warga kulit hitam melonjak 36% menjadi 279, menurut angka departemen.

Departemen menganggap kejahatan rasial sebagai tindakan kriminal apa pun yang dimotivasi oleh jenis kelamin, ras, etnis, orientasi seksual, agama, atau kecacatan.

Brian Levin, direktur Pusat Studi Kebencian dan Ekstremisme di Cal State San Bernardino, mengatakan statistik terbaru menempatkan LA sejajar dengan kota-kota besar lainnya di seluruh AS, yang telah mengalami peningkatan sendiri dalam kejahatan rasial yang dilaporkan. Dia mengatakan bahwa sejumlah besar pelaku di Los Angeles adalah orang-orang dengan masalah kesehatan mental.

Kemudian dalam pertemuan hari Selasa, Moore menyalahkan peningkatan, sebagian, pada pertumbuhan pidato online rasis dan fanatik, yang sering kali tidak terkendali.

“Ketika saya berbicara dengan para profesional penegak hukum dan pendidik tentang masalah ini, mereka percaya salah satu pendorong terbesar adalah perluasan media sosial dan kurangnya check and balances karena ekspresi kebencian dan fakta bahwa hal itu telah memberikan individu yang seharusnya memiliki tidak ada suara platform yang luar biasa," kata Moore.

Kanye West.

Photo :
  • BBC.uk

Dia dengan spesifik memilih Kanye West, rapper yang kini banyak mengundang kontroversi karena "kebebasan bicaranya" dan menghadapi reaksi balik dari serangkaian kata-kata kasar antisemit dan penuh konspirasi baru-baru ini.

"Kami melihat Kanye West dan lainnya yang telah menggunakan Twitter dan platform media sosial lain, dan kami telah melihat platform lain seperti Parler yang telah dibuat semata-mata agar orang-orang dengan pandangan ekstremis memiliki platform (untuk berbicara kebencian)," kata Moore selama pertemuan. 

"Dan itu, menurutku tentu berbahaya." lanjutnya. 

Seperti diketahui, Kanye West belakangan memang kerap membawa-bawa kalimat rasial, seperti Yahudi, mendukung Hitler, White Lives Matter hingga Black Lives Matter. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya