Kakinya Terpaksa Diamputasi, Suti Karno Minta Maaf pada Tuhan

Suti Karno,
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Showbiz – Kabar tak sedap datang dari dunia hiburan. Suti Karno yang dikenal sebagai Atun di sinetron era 90-an, Si Doel Anak Sekolahan, kini tampil dengan kondisi yang berbeda. 

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Kondisi kesehatannya disorot pasca anggota tubuhnya sudah tak lagi utuh lantaran kakinya harus diamputasi, sehingga Suti Karno bergerak memakai kursi roda. Scroll ke bawah untuk mengetahui artikel ini lebih lanjut.

Mohon maaf kepada Tuhan

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Suti Karno.

Photo :
  • Instagram @sutykarno.

Rupanya, bintang 56 tahun itu mengaku bahwa amputasi kaki tersebut ia lakukan atas keputusannya sendiri. Bukan tanpa alasan, Suti mengaku telah lama mengidap diabetes hingga 18 tahun lamanya. Hal ini pun membuat kedua kakinya 'membusuk'.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

“Dua bulan lalu saya diamputasi kaki saya, saya belum bisa beraktivitas normal. Itu keputusan saya, bukan keputusan dokter, karena merambat luka saya, karena pembuluh darah saya sudah rusak bagian atas,” ujarnya dalam kanal YouTube Rumpi, dikutip Senin, 26 Desember 2022.

Keputusan ini diakui dari dirinya bukan keputusan dokter. Adik Rano Karno ini pun memohon maaf kepada Tuhan lantaran merasa bersalah telah merusak ciptaan-Nya.

“Saya bilang ‘Dok kenapa nggak potong aja dah’ gitu. Yang pasti saya minta ampun sama Allah, karena ciptaan-Nya saya rusak,” bebernya.

Suka minuman bersoda jadi penyebabnya

Suti Karno,

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Diabetes yang dialaminya bukan datang tanpa sebab. Kesalahan masa muda, diakui Suti, sebagai sumber penyesalannya. Gaya hidup yang buruk membuat diabetes rentan mengintai lantaran gemar konsumsi soda dan enggan minum air putih. 

“Saya diabetes hampir 18 tahun dari anak saya kecil. Ya itu kan kesalahan kita waktu muda, nggak pernah dengerin orangtua kita. (Yang disesali) nggak pernah minum air putih, saya selalu minum-minuman bersoda. Sama sekali tidak pernah minum air putih. Saya baru minum air putih tuh 18 tahun,” ungkapnya.

Terlambat berobat

Momen sebelum diamputasi, Suti mengakui bahwa kondisi kesehatannya mulai menurun akibat luka di kakinya. Namun, bukan seluruh kaki melainkan berawal dari luka dua jari saja. 

“Kakiku harus diamputasi sebelah kanan. Awalnya cuma luka dua jari aja. Cuma karena saya terlambat berobat, karena sibuk syuting Si Doel Series, akhirnya kedua jari kaki tidak bisa diselamatkan dan harus diamputasi,” bebernya. 

Dua jari tersebut pun diamputasi lebih dulu. Akan tetapi, kondisi kakinya kian memburuk. Sejumlah area kulit lain pun mulai menghitam dan selnya mati.

Selepas konsultasi ke dokter, Suti mendapatkan saran untuk amputasi seluruh kaki lantaran khawatir kian meluas ke bagian lain. 

“Setelah amputasi kedua jari kaki saya, ternyata yang sebelahnya pun seminggu kemudian menghitam dan mati. Konsultasi ke dokter vaskular, takutnya lama-lama menyebar, enggak bisa diselamatkan, karena pembuluh darah dibagian depan kaki sudah mati,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya